Warganya Kebal Virus Corona, Begini Rahasia Suku Aborigin Tidak Tersentuh Covid-19

By Riska Yulyana Damayanti, Rabu, 6 Mei 2020 | 19:05 WIB
Ilustrasi virus corona (Freepik.com)

Nakita.id - Sebagian besar wilayah di dunia kini telah terinfeksi virus corona.

Namun, ternyata masih ada beberapa daerah yang hingga saat ini bebas kasus soal virus corona, salah satunya suku Aborigin di Australia.

Apa rahasianya, suku Aborigin tersebut bisa kebal?

Pekan lalu Departemen Kesehatan setempat menyatakan dari 28 kasus Covid-19 di Australia Utara, tak ada satu pun dari kalangan suku Aborigin atau Torres Strait Islander.

Baca Juga: Bukti Virus Corona Harus Diwaspadai, Covid-19 Disebut Bisa Sebabkan Serangan Jantung hingga Stroke, Ini Kata Ahli

Berbagai pihak menilai fenomena suku Aborigin bebas corona ini adalah keberhasilan pemerintah setempat yang sejak dini memberlakukan pembatasan ketat, terutama menutup perbatasan bagi pendatang dari negara bagian lain maupun dari luar negeri.

"Langkah-langkah awal seperti menutup perbatasan Australia Utara telah membantu menjaga wilayah yang rentan dari bahaya," terang John Paterson, Direktur Eksekutif Aliansi Layanan Medis Aborigin di Australia Utara, kepada ABC News.

Namun ia menambahkan, dengan dilonggarkannya perbatasan di Australia Utara, pemerintah perlu mengatasi kesenjangan mendasar dalam layanan kesehatan untuk warga Aborigin.

Baca Juga: Bikin Lega, Mahasiswa PTN yang Terkena Dampak Virus Corona Juga Bisa Dapatkan Bantuan Menggiurkan Ini