Selain Telur, Makanan Ini Juga Dipalsukan, Bener Nggak Sih Moms?

By Nia Lara Sari, Rabu, 27 Desember 2017 | 13:06 WIB
telur palsu ()

Nakita.id - Pada tahun 2017 di Indonesia banyak beredar rumor mengenai produk tiruan makanan yang yang dapat membahayakan konsumen.

Moms, masih ingat kan dengan heboh maraknya penjualan telur palsu?

Selain telur ternyata terdapat makanan lain yang juga disinyalir dipalsukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Diantaranya:

1. Beras plastik

beredarnya beras palsu meresahkan masyarakat

Isu mengenai beras plastik yang berasal dari China yang di distribusikan dari daerah Taiyuan, di provinsi Shaanx, membuat dunia menjadi gegeR.

Namun di Indonesia pihak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan bahwa isu mengenai peredaran beras plastik di Indonesia adalah berita bohong (hoax).

Meski isu tentang beras plastik selalu muncul dan tenggelam, masyarakat tak perlu resah,sebab BPOM tak menemukan adanya kontaminasi plastik dalam beras yang dicurigai sebagai beras plastik yang diuji coba.

BACA JUGA: Ini Cara Mudah Membersihkan Bekas Minyak di Wajan Hingga Bagai Baru

Lalu, jika bukan terbuat dari plastik, mengapa bola nasi yang dilempar perempuan dalam video yang viral di media sosial bisa memantul?Jawabannya karena beras tersebut mengandung amilopektin tinggi.

Beras mengandung pati, karbohidrat polimer glukosa yang terdiri 2 struktur, yakni amilosa dan amilopektin.

Amilopektin merupakan polimer glukosa yang memiliki banyak cabang, sehingga struktur lebih kompak dan lebih kuat (lekat).