Si Kecil Punya Lesung Pipi? Wah, Darimana Asalnya Ya?

By Kunthi Kristyani, Rabu, 27 Desember 2017 | 15:08 WIB
Lesung Pipi ()

Nakita.id -  Moms, apakah Moms atau Dads memiliki lesung pipi? Jika iya, kemungkinan si kecil juga akan mewarisinya lo, Moms.

Lesung pipi bisa saja muncul di kedua pipi ataupun satu pipi saja. Nah, banyak orang meyakini bahwa lesung pipi dapat menambah kegantengan atau kecantikan seseorang.

Lalu darimana asal lesung pipi ini?

Seperti yang dikatakan di atas tadi, lesung pipi merupakan warisan dari gen orangtua.

Genetika lesung pipit mengikuti pola pewarisan yang dominan, artinya seorang anak hanya perlu mewarisi satu gen dominan agar memiliki lesung pipi.

Jika kedua orang tua memiliki lesung pipi maka kemungkinan 50-100% anak mereka akan mewarisinya. 

BACA JUGA: Wow, Ibu yang Menyusui Bisa Terhindar dari Penyakit Mematikan Ini

Jika Dads memiliki lesung pipi dan Moms tidak, maka si anak memiliki kemungkinan 25-50% untuk mewarisi lesung pipi. 

Jika Moms memiliki lesung pipi dan Dads tidak, maka si anak memiliki kemungkinan 25-50% untuk mewarisi lesung pipi. 

Jika kedua orangtua tidak memiliki lesung pipi maka anak mereka tidak akan mewarisinya, kecuali jika ada mutasi genetik spontan. 

Dilansir dari Kompas.com, dalam makalahnya yang berjudul The Anatomy of the Cheek Dimple(1998), Dr Joel Pessa, ahli bedah plastik di University of Texas Health Science Center, mengatakan, lesung pipi kemungkinan disebabkan oleh otot wajah yang disebut otot zygomaticus major yang terbelah dua.

Lesung ini akibat otot wajah tersebut lebih pendek daripada ukuran normal sehingga otot tersebut menarik kulit wajah dan membentuk lekukan pada kulit wajah.