Tak Hanya Banjir Rob, BMKG Juga Peringatkan Soal Potensi Adanya Gelombang Tinggi di Wilayah Ini, Hati-hati Pesisir Jawa!

By Riska Yulyana Damayanti, Sabtu, 6 Juni 2020 | 06:00 WIB
Ilustrasi gelombang tinggi (Pixabay)

Nakita.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) lagi-lagi memberikan peringatan soal adanya potensi kondisi alam yang buruk.

Sebelumnya, BMKG telah memberikan peringatan soal potensi banjir rob di pesisir Indonesia.

Ternyata tak hanya banjir rob, BMKG juga memprediksi adanya potensi kondisi buruk di laut lainnya.

Baca Juga: Unggah Gambar Air Laut Pindah ke Darat, Mbak You Mendadak Beri Peringatan Keras Usai BMKG Bongkar Prediksi Potensi Bencana Alam

Masyarakat di pesisir ataupun yang akan beraktivitas di laut perlu waspada akan potensi gelombang tinggi di sejumlah wilayah perairan Indonesia.

Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) potensi gelombang tinggi ini berpeluang terjadi hingga nanti malam, pukul 19.00 WIB, Jumat (5/6/2020).

Prakirawan BMKG Fadhly Ilhami SKel mengungkapkan ada berbagai faktor atau kondisi atmosfer yang menambah potensi gelombang tinggi ini terjadi.

Pertama, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya dari Timur Laut ke Tenggara ada dengan kecepatan 5-20 knot.

Baca Juga: Bak Petir di Siang Bolong, BMKG Beri Peringatan Soal Potensi Adanya Banjir Rob hingga Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah Ini