Mbah Sukir, Aquaman Asal Madiun yang Selamatkan 60 Korban Tenggelam dengan Modal Kolor dan Kacamata Renang, Ternyata Ini Kunci Suksesnya

By Aullia Rachma Puteri, Jumat, 12 Juni 2020 | 15:00 WIB
Mbah Sukir (Freepik/ KOMPAS.COM/MUHLIS AL ALAWI)

Nakita.id - Mbah Sukiro atau biasa dipanggil Mbah Sukir, pria paruh baya asal Madiun yang jadi perbincangan banyak netizen karena sangat heroik di dalam air.

Kakek yang sangat pemberani ini sudah mengarungi banyak perairan di Jawa Timur.

Mempunyai perawakan kurus, siapa sangka Mbah Sukir ini sudah menyelamatkan 60 jasad korban yang hilang akibat tenggelam di laut, sungai, bahkan telaga.

"Kalau saya hitung mungkin lebih dari 60 orang (jasad korban tenggelam yang ditemukan). Biasanya, begitu saya mendengar ada korban tenggelam saya langsung berangkat menuju lokasi," kata Sukir.

Baca Juga: Kasusnya Lama Tenggelam, Begini Kelanjutan Kisah Nenek Arpah yang Ditipu Tetangga karena Buta Huruf, Sang Penipu Akhirnya Jadi Tersangka?

Kisah heroiknya ini bahkan layaknya superhero Aquaman yang bisa menyelam hanya dengan bantuan kacamata dan celana pendek.

Mbah Sukir sudah mengarungi berbagai perairan di Madiun, Telaga Sarangan, Telaga Ngebel Ponorogo, Pacitan, Bojonegoro, Ngawi, hingga Trenggalek.

Di usia yang tak lagi muda, Mbah Sukir ikhlas menjadi relawan dan mengasah bakatnya yang sudah dimiliki sejak kecil.

Mbah Sukir ini tak pernah mengeluh sulit saat melakukan pencarian korban-korban yang tenggelam di air.