Bukti Serangan Virus Corona Tak Main-main, Sebuah Studi Bongkar Soal Keberadaan Sosok Sumber Penular Covid-19 di Tengah Masyarakat

By Riska Yulyana Damayanti, Jumat, 12 Juni 2020 | 16:00 WIB
ilustrasi virus corona mengintai manusia (Pixabay.com/ _freakwave_)

Nakita.id - Sebuah penelitain terbaru menjelaskan bahwa satu orang ternyata bisa menularkan virus corona ke banyak orang.

Hal tersebut pastinya menjadi sebuah kabar penting agar kita lebih waspada saat beraktivitas, mulai dari menggunakan masker hingga sering mencuci tangan dan menjaga kesehatan.

Tingkat kewaspadaan terhadap Covid-19 penting dilakukan mengingat sudah sangat banyak warga di dunia yang terinfeksi virus corona.

Baca Juga: Kemalangan Tak Ada yang Pasti, Jawa Timur Resmi Salip DKI Jakarta Duduki Peringkat Terbanyak Korban Meninggal Dunia karena Covid-19

World Health Organization (WHO) bahkan menyatakan bahwa pandemi tersebut memburuk di seluruh dunia.

“Pandemi ini telah berlangsung selama lebih dari enam bulan, ini bukan saatnya bagi negara mana pun untuk bersantai,” tutur Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, seperti dikutip BBC Indonesia.

Penelitian membuktikan rata-rata satu orang terinfeksi bisa mentransmisikan virus SARS-CoV-2 pada dua atau tiga orang lainnya.

Namun, baru-baru ini, para ilmuwan mengidentifikasi adanya superspreader yang bisa menginfeksi lebih dari itu.

Baca Juga: Bak Jatuh Tertimpa Tangga, Virus Corona Belum Usai Sejumlah Warga di Wilayah Ini Justru Terserang Penyakit Tak Biasa