Jamur Enoki Ditarik, Ternyata Makanan yang Sering Dimakan ini Juga Mengandung Bakteri Listeria yang Berbahaya, Apa Saja?

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Sabtu, 27 Juni 2020 | 14:15 WIB
Tak hanya jamur enoki, ternyata beberapa makanan yang sering dikonsumsi ini juga mengandung bakteri listeria (Freepik)

Nakita.id - Belakangan ini, jamur enoki dikabarkan akan segera ditarik dari peredaran.

Jamur enoki yang memang sangat sering digunakan sebagai salah satu bahan makanan terutama di Indonesia ini dikabarkan memiliki kandungan bakteri listeria.

Mengutip dari Kompas.com, Listeria adalah infeksi yang disebabkan oleh kuman Listeria monocytogenes.

Orang yang terkena listeria biasanya usai menyantap makanan yang telah terkontaminasi kuman tersebut.

Baca Juga: Kerap Digunakan Dalam Masakan, Apakah Kita Masih Bisa Menggunakan Jamur Enoki yang Viral Sebabkan Kematian karena Bakteri Listerianya?

Penyakit ini terutama menyerang perempuan hamil, bayi baru lahir, orang tua berusia 65 tahun ke atas, dan orang yang punya sistem kekebalan tubuh lemah, dikutip dari situs resmi Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat.

Pada Maret 2020 Ministry of Food and Drug Safety Korea Selatan menemukan Listeria monocytogenes pada jamur enoki produksi dua perusahaan asal Negeri Ginseng itu.

Selain itu, CDC juga menarik produksi jamur enoki dari dua perusahaan tersebut setelah melakukan penelitian dan ditemukan adanya Listeria monocytogenes, seperti melansir situs resmi CDC.

Selain itu, menurut situs BPOM, bakteri listeria merupakan bakteri gram positif yang dapat tumbuh baik di tempat aerob (dengan adanya oksigen) maupun anaerob (tanpa adanya oksigen).