Tetap Jaga Kebahagiaan Keluarga Selama Menghadapi Era New Normal, Begini Tips dari Mona Ratuliu dan Kemen PPPA

By Rachel Anastasia Agustina, Senin, 6 Juli 2020 | 19:46 WIB
Ilustrasi orangtua dan anak di era new normal. (Freepik/pressfoto)

Nakita.id - Menghadapi new normal atau normal baru di tengah pandemi Covid-19 tentunya memberikan tantangan tersendiri.

Nyatanya, orangtua sudah harus mulai menyesuaikan pola asuh kepada Si Kecil dengan kondisi yang bisa dibilang serba baru ini.

Tidak bisa lagi sama seperti pada saat normal baru belum diterapkan, di mana anak-anak harus bisa menjaga kebersihannya sendiri di mana pun.

Bahkan jadi ada tantangan untuk orangtua di mana mereka harus membuat Si Kecil mengerti soal pentingnya waspada ketika berada di luar rumah.

Baca Juga: Mulai Dibuka Selama Pandemi Covid-19, Ini Syarat Naik Pesawat ke Jakarta Saat New Normal Diberlakukan

Berbagai rutinitas yang berubah pun langsung menjadi tantangan untuk orangtua seperti yang disampaikan oleh Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Lenny N Rosalin.

“Orangtua menghadapi beberapa tantangan baru seperti perubahan rutinitas yang signifikan, kesulitan interaksi, kesulitan psikososial dan ekonomi, manajemen emosi dan energi, ketidakpastian masa depan, serta adaptasi terhadap teknologi,” ujar Lenny dalam Webinar ‘Gembira Bersama Keluarga Melalui Komunikasi dan Pengasuhan Positif di Era New Normal’, Sabtu (4/7/2020).

Pada era ini penting juga untuk seluruh anggota keluarga bisa berdiskusi layaknya seorang sahabat tanpa memandang status orangtua dan anak.

Baca Juga: Sudah Mulai Kerja dan Harus Keluar Kota? Ini Daftar 5 Bandara yang Sediakan Rapid Test dan Harganya