Modus Kecurangan SPBU Muncul Lagi, Ini Dia Tips Terhindar Dari Tipuan

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Selasa, 2 Januari 2018 | 18:19 WIB
Modus Kecurangan SPBU ()

Nakita.id - Moms, odus kecurangan yang dilakukan beberapa SPBU saat para konsumen mengisi BBM muncul lagi.

Memang di beberapa SPBU Pertamina, terpasang motto 'Pasti Pas' yang artinya di SPBU tersebut, memiliki takaran yang akurat dan takarannya pas.

SPBU yang memeroleh sertifikasi 'Pasti Pas' telah lolos audit kepatuhan standar yang ditetapkan oleh Pertamina.

Tetapi jaminan motto tersebut membuat para konsumen terlena dan tidak terlalu jeli mengamati cara kerja setiap pegawai SPBU setempat saat mengisi BBM.

BACA JUGA: Rela Memakai Topeng Sapi dan Ditunggangi Orang Demi Pengobatan Ayahnya

Berbagai aksi dan modus penipuan yang dilakukan oleh petugas SPBU sangat sulit dipantau.

Modus pengurangan takaran yang biasa mereka lakukan dilakukan dengan sangat rapih, hampir tidak ada yang mengetahui modus kecurangan tersebut.

Seperti yang dilakukan di Bintaro, Tangerang Selatan, para petugas melakukan kecurangan dengan menggunakan alat khusus yang bisa dikontrol menggunakan remote jarak jauh.

Modus ini tergolong baru karena membutuhkan alat yang berbasis teknologi canggih dengan remote yang dikendalikan dari jarak jauh sehingga konsumen merasa bahwa BBM yang mereka beli benar-benar 'PAS'.

BACA JUGA: Perempuan Ini Kaget Terima Tagihan Listrik Mencapai 3000 Triliun

Dilansir dari otomania.com, General Marketing Operation Region (MOR) III PT Pertamina, Jumali mengatakan ada hal yang harus diperhatikan konsumen untuk menghindari kecurangan oknum di SPBU.

"Kami mengimbau kepada konsumen untuk ikut serta mengawasi proses pengisian bahan bakar. Bila terjadi atau ada kecurangan, masyarakat bisa melaporkan langsung ke Pertamina yang nantinya akan kami selidiki."