Patut Waspada, BMKG Beri Peringatan Keras pada Seantero Warga Indonesia Usai Pulau Jawa Dihantam Rentetan Gempa Bumi

By Yosa Shinta Dewi, Sabtu, 18 Juli 2020 | 19:33 WIB
Ilustrasi kerusakan akibat gempa bumi (Pixabay.com/Angelo_Giordano)

Patut Waspada, BMKG Beri Peringatan Keras pada Seantero Warga Indonesia Usai Pulau Jawa Dihantam Rentetan Gempa Bumi

Nakita.id - Pada Jumat (17/7/2020) gempa bumi tektonik yang terjadi di wilayah Samudera Hindia Barat Daya Pangandaran pada pukul 11.08 WIB.

Beberapa waktu belakangan ini bencana gempa bumi sering terasa menggoncang di sejumlah wilayah di Indonesia.

Berpatokan pada gempa bumi tektonik pada Jumat lalu, BMKG akhirnya mengeluakan peringatan agar masyarakat waspada dengan potensi gempa bumi.

Hal tersebut dilandaskan lantaran gempa bumi tektonik yang terjadi di wilayah Samudera Hindia Barat Daya Pangandaran pada pukul 11.08 WIB, pada Jumat (17/7/2020).

Baca Juga: Hujan Angin hingga Gelombang Tinggi, BMKG Beri Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Berpotensi Melanda Beberapa Wilayah di Indonesia Ini

Berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 3,7.

Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono menyebutkan bahwa episenter terletak pada koordinat 8,18 LS dan 107,85 BT.

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 89 kilometer arah barat daya Kabupaten Pangandaran pada kedalaman 18 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktifitas sesar aktif di dasar laut," kata Daryono.

Baca Juga: Jadi Cambuk Nyata dari Murkanya Alam, BMKG Beri Peringatan Dini Soal Hal Buruk yang Akan Terjadi Jika Masih Ngeyel Menikmati Matahari dari Siang hingga Sore Hari Ini

Daryono mengungkap dampak getaran gempa terasa di sejumlah wilayah, meskipun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa tersebut.