Sering Dianggap Sepele, Ternyata 3 Kesalahan dalam Pemakaian Hand Sanitizer Ini Harus Dihindari

By Ine Yulita Sari, Selasa, 21 Juli 2020 | 05:30 WIB
ilustrasi hand sanitizer (eli ramos)

Sering Dianggap Sepele, Ternyata 3 Kesalahan dalam Pemakaian Hand Sanitizer Ini Harus Dihindari

Nakita.id - Seringkali sebagian orang cukup menyemprot ala kadarnya atau menggosok sekenanya hand sanitizer ke tangan.

Alih-alih manjur, kesalahan pemakaian hand sanitizer justru akan membuat cairan antiseptik tak efektif melawan virus corona.

Baca Juga: Moms Sudah Tak Tahan Ingin ke Bioskop? Simak 15 Hal yang Harus Dilakukan untuk Meminimalisasi Risiko Tertular Covid-19

Padahal, menjaga kebersihan tangan adalah salah satu komponen penting pencegahan penyebaran virus corona penyebab Covid-19.

Dilansir dari Huffpost, menggunakan hand sanitizer atau pembersih tangan berbasis alkohol merupakan metode praktis untuk menjaga kebersihan tangan saat bepergian.

Namun, ada 3 kesalahan umum yang harus dihindari saat menggunakan hand sanitizer agar efektif mencegah paparan virus corona.

Baca Juga: Jangan Langsung Merasa Aman karena Sudah Pakai Hand Sanitizer, Ternyata Cairan Ini Hanya Mampu Melindungi Tangan dari Virus Sebentar Saja

Menggunakan hand sanitizer terlalu sedikit

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengungkapkan, gunakan hand sanitizer dengan takaran yang cukup sehingga bisa menutupi semua permukaan tangan untuk mencegah penularan virus.

Dr Zeke J. McKinney, dari Health Partners Riverway Clinic, Minnesota, mengatakan, kebanyakan orang tidak menggunakan hand sanitizer dengan jumlah yang cukup untuk membersihkan tangan.