Jangan Langsung Panik, Begini Cara Atasi Gigitan Serangga pada Anak Sesuai dengan Jenisnya Masing-masing

By Ela Aprilia Putriningtyas, Rabu, 29 Juli 2020 | 14:15 WIB
Cara atasi sengatan serangga pada anak (freepic.diller)

Jangan Langsung Panik, Begini Cara Atasi Gigitan Serangga pada Anak Sesuai dengan Jenisnya Masing-masing

Nakita.id - Aktivitas di luar rumah saat musim panas mungkin membuat sebagian orang anak lebih banyak untuk tertarik lakukan berbagai kegiatan. Namun jangan salah, anak-anak yang bermain di luar ruangan bukan tanpa risiko. Terkadang anak akan terjatuh atau bahkan digigit serangga.

Baca Juga: Selain Pakai Baking Soda, 3 Cara Sederhana Ini Ampuh Mengusir Serangga di Rumah Jika itu terjadi, hal pertama yang harus dilakukan adalah hadapi dengan tenang dan jangan panik. Dokter gawat darurat Baruch Fertel, MD, akan membantu memberi penjelasan bagaimana mengatasi gigitan serangga pada anak. Lebah Nyeri, kemerahan, dan pembengkakan di sekitar lokasi sengatan lebah atau tawon adalah reaksi yang normal.

Baca Juga: Merinding Lihat Serangga Ini Berkerumun? Begini Cara Mudah Membasmi Semut dari Rumah Tanpa Harus Menggunakan Kapur Pembengkakan dapat meluas di luar area sengatan - seperti ke seluruh kaki akibat sengatan pada pergelangan kaki. Sengatan lebah atau tawon biasanya juga gatal. Yang harus dilakukan Hapus sengat lebah sesegera mungkin. Bersihkan area sengatan dan oleskan dengan es.

Kemudian orangtua juga dapat menggunakan losion kalamin atau krim hidrokortison untuk mengurangi rasa gatal. "Jika anak mengeluh sakit, berkonsultasilah dengan dokter anak untuk mengetahui apakah orangtua harus memberikan antihistamin," kata Dr. Fertel. Kapan harus menghubungi dokter? Dalam kasus yang jarang terjadi, anak mungkin mengalami syok anafilaksis, jika mereka memiliki alergi terhadap sengatan lebah. Jika anak memiliki alergi terhadap hal-hal lain, seperti serbuk sari, debu, atau asma, mungkin ada baiknya berbicara dengan dokter anak tentang pengujian alergi selama musim lebah. “Jika anak memiliki alergi terhadap lebah, dokter kemungkinan akan memberi resep EpiPen®. Pastikan menyimpannya saat berada di luar ruangan. Antihistamin juga dapat membantu meredakan alergi, ” kata Dr. Fertel.