Marissa Nasution Lakukan Tes Jutaan Rupiah untuk Deteksi Dini Kelainan pada Janin, 'Ibu Harus Siap Mental untuk Lihat Hasil,' Pesannya

By Maharani Kusuma Daruwati, Minggu, 7 Januari 2018 | 09:57 WIB
Marissa Nasution lakukan tes NIPT untuk kehamilannya ()

Nakita.id – Setiap perempuan yang akan menjadi seorang ibu pasti selalu memerhatikan kesehatan bayi dalam kandungannya.

Begitu juga dengan Marissa Nasution, presenter cantik yang baru saja mengumumkan kehamilannya ini, juga memastikan kesehatan si kembar dalam perutnya baik-baik saja.

Dalam blog pribadinya, Marissa menuturkan bahwa selain merawat diri sendiri, makan dan menghindari makanan tertentu, ia juga memiliki cara lain untuk menjaga kesehatan bayinya.

BACA JUGA: Wow! Marissa Nasution Umumkan Kehamilannya, Bukan Hanya 1 Tapi 2

Cara lain yang ditempuh olehnya adalah dengan melakukan tes NIPT pada trimester pertama.

Apa itu tes NIPT, Moms? NIPT merupakan singkatan dari "Noninvasive Prenatal Testing". 

Melansir dari What to Expect, NIPT adalah skrining prenatal, yang melihat DNA dari plasenta bayi Moms dalam sampel darah Moms untuk mengidentifikasi apakah Moms berisiko tinggi melahirkan anak dengan kelainan genetik. 

Tes genetik ini menganalisis materi genetik bayi sendiri, yang dikumpulkan dari cairan amnion atau plasenta, untuk mengetahui dengan pasti apakah bayi memiliki kelainan kromosom. 

Sampel darah Moms akan diambil dan dikirim ke laboratorium untuk dianalisis. 

Tes ini memberi tahu Moms dengan akurasi lebih dari 90% jika bayi Anda berisiko tinggi atau rendah terhadap kelainan kromosom yang paling umum seperti: Trisomi 21 (Sindrom Down), Trisomi 18 (Sindrom Edwards), dan Trisomi 13 (Sindrom Patau). 

Bagi Marissa, tes ini termasuk ke dalam daftar prioritasnya.

Ia kemudian melakukan tes NIPT di sebuah laboratorium independen yang menyediakan berbagai analisis genetik, mulai tes kehamilan terkait dengan penanda kanker.