#FamilyQuality: Sebelum Berikan Kebebasan Bermain, Ada Baiknya Orangtua Wajib Tahu 5 Cara Ini Agar Anak Tak Salah Langkah dalam Berteman

By Aullia Rachma Puteri, Minggu, 6 September 2020 | 15:44 WIB
#FamilyQuaity: Sebelum Berikan Kebebasan Bermain Pada Anak Sebaiknya Orangtua Wajib Tahu 5 Cara Ini Agar Anak Tak Salah Langkah Dalam Berteman (Freepik)

Nakita.id - Membantu dan selalu mendukung apapun yang anak lakukan harus dilakukan setiap orangtua, dan tentu saja mendidik anak harus dilakukan dengan baik agar menghasilkan #FamilyQuality yang baik pula.

Mengajarkan anak suatu hal dengan mencampurkan kegiatan seru malah selalu membekas di hati anak-anak.

Hasil penelitian yang dilakukan Slaughter pada 2002 menunjukkan bahwa orangtua sangat memegang peranan penting dalam mengajari anak, salah satunya adalah cara berteman.

Anak-anak tanpa pertemanan akan menjadi seseorang yang menyendiri dan tak pandai menghargai orang lain.

Maka dari itu orangtua harus mengajarkan bagaimana cara berteman dengan sabar dan tentunya tetap menerapkan #FamilyQuality agar tercipta kebahagiaan dalam berinteraksi.

Baca Juga: Bisa Jadi Pilihan #FamilyQuality di Tengah Pandemi, Simak Tips Memasak yang Aman dan Nyaman Bersama Si Kecil

Orangtua tentunya menjadi teman pertama anak-anak, maka dari itu pentinglah peran orangtua saat anak-anak sudah masuk usia sekolah dan mulai berinteraksi dengan teman sebayanya.

Dalam #FamilyQuality sebelum anak memasuki usia sekolah, orangtua sangat berperan dalam mengembangkan 3 keterampilan anak:

1. Keterampilan percakapan

2. Keterampilan interpersonal

3. Keterampilan pengendalian emosi

Baca Juga: #FamilyQuality Bangun Kerjasama dengan Si Kecil, Lakukan Tips Ini Agar Anak Senang Belajar di Rumah