Moms, Yuk Kenali Jenis Batuk Pada Anak supaya Penanganannya Lebih Efektif

By Nana Triana, Senin, 21 September 2020 | 12:11 WIB
Ilustrasi seorang anak sedang batuk. (Dok Shutterstock)

Nakita.Id - Batuk bisa menyerang siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Namun, oleh karena imunitas tubuhnya belum sesempurna orang dewasa, anak-anak lebih sering terserang penyakit ini.

Mengutip dari laman Kidshealth.org, anak usia prasekolah biasanya lebih mudah terserang batuk. Bahkan batuk pada anak di usia ini bisa bertahan selama 3-4 minggu. Jenisnya pun tidak selalu sama, terkadang disertai dahak, demam, atau batuk kering.

Nah, Moms harus memahami perbedaannya sehingga dapat menyesuaikan bagaimana cara menanganinya di rumah sebelum memutuskan pergi ke dokter.

Pasalnya, di tengah pandemi seperti saat ini membawa anak ke klinik atau rumah sakit juga berisiko tinggi. Apalagi ketika sedang terserang batuk daya tahan tubuh si kecil rentan terserang virus penyebab penyakit.

Baca Juga: Hindari 4 Makanan Ini Jika Tidak Mau Batuk Pilek Si Kecil Makin Parah!

Berdasarkan data Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Selasa (8/9/2020). Terdapat 4.646 anak kelompok usia 0 sampai 19 tahun terkonfirmasi positif Covid-19.

Selain itu, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), anak-anak juga termasuk golongan rentan terpapar Covid-19.

Merangkum dari laman Parents.com, berikut beberapa jenis batuk yang harus Moms ketahui.

Batuk disertai flu

Batuk disertai flu paling sering menyerang si kecil saat cuaca sedang tidak menentu. Flu atau influenza adalah infeksi saluran pernapasan atas yang disebabkan oleh virus influenza tipe A, tipe B, atau tipe C.

Baca Juga: Apakah Batuk Saat Hamil Berbahaya dan Berisiko Bagi Janin? Kenali Pengaruhnya!

Gejala flu sering kali muncul dan memberat secara mendadak dalam waktu beberapa jam. Termasuk bersin-bersin, hidung tersumbat, dan berair, sakit tenggorokan, hingga batuk. Keluhan yang dialami penderita biasanya akan berlangsung selama 1 minggu.