Seringkali Rasakan Perubahan Spesifik Pada Diri, Ini Alasannya Kenapa Berat Badan Turun Saat Depresi

By Ine Yulita Sari, Selasa, 17 November 2020 | 10:05 WIB
Kenapa berat badan turun saat depresi? (Freepik.com)

Nakita.id - Penurunan berat badan merupakan kabar yang membahagiakan bagi orang-orang yang sedang melakukan diet yang rutin.

Namun, lain halnya jika penurunan berat badan terjadi secara mendadak dan tanpa direncanakan.

Baca Juga: Berikan Nasihat Itu Wajib Hukumnya, Tapi Jangan Sampai #AyahSIAP Ucapkan 5 Kata-kata Terlarang Ini Saat Lakukan Deep Talk dengan Anak, Bukan Memotivasi Malah Bikin Depresi!

Penurunan berat badan tanpa mengurangi porsi makan ataupun berolahraga dapat dikarenakan oleh berbagai kondisi medis.

Hal ini pun seharusnya memerlukan pemeriksaan lebih lanjut. Salah satu yang biasanya orang alami adalah menurunya berat badan akibat depresi.

Baca Juga: Tanpa Kita Sadari 5 Perilaku Pengguna Media Sosial Ini Memicu Depresi, Cari Tahu Lebih Lanjut!

Depresi sendiri merupakan kondisi mental yang serius namun sering disepelekan. Terkadang bahkan depresi yang parah bisa dianggap hanya sekadar stress atau galau biasa.

Padahal, depresi mengakibatkan banyak efek buruk pada kesehatan fisik, dan salah satunya ditandai oleh berat badan yang menurun drastis. 

 

Depresi sering kali dikaitkan dengan berat badan. Depresi bisa mengakibatkan peningkatan berat badan, namun depresi juga bisa menurunkan berat badan.

Berdasarkan beberapa literatur sebenarnya hal itu tak bisa dipastikan dapat terjadi. Namun beberapa kondisi yang terjadi saat depresi ini mungkin dapat memicu turunnya berat badan.