Isyaratkan Dunia Akan Segera Kembali Normal, Vaksin Moderna 95 Persen Ampuh Lawan Covid-19!

By Aullia Rachma Puteri, Kamis, 19 November 2020 | 11:00 WIB
Kabar baik dari vaksin Moderna untuk Covid-19 (Freepik)

Isyaratkan Dunia Akan Segera Kembali Normal, Vaksin Moderna 95 Persen Ampuh Lawan Covid-19!

Nakita.id - Babak baru mengenai vaksin Covid-19 sepertinya sudah menemui titik terang.

Di sisa tahun 2020, banyak penguji vaksin yang membagikan kabar baik tentang vaksin Covid-19.

Salah satunya adalah vaksin Moderna yang dikeluarkan oleh salah satu perusahaan asal Amerika Serikat.

Moderna mengumumkan data awal vaksin buatannya efektif hampir 95 persen mencegah penyakit Covid-19, termasuk kasus penyakit yang parah. Ini diumumkan perusahaan bioteknologi asal Amerika Serikat pada Senin (16/11/2020).

"Ini adalah momen penting dalam pengembangan kandidat vaksin Covid-19 kami,” kata CEO Moderna Stéphane Bancel dalam siaran persnya.

Baca Juga: Seantero Indonesia Sempat Dibikin Geger oleh Kabar Duka Mamah Dedeh, Begini Kondisi Sang Ustazah Kondang Usai Benar-benar Dinyatakan Positif Covid-19

"Hasilnya adalah validasi klinis pertama bahwa vaksin kami dapat mencegah penyakit Covid-19," imbuhnya dilansir Science News, Senin (16/11/2020).

Baru minggu lalu, perusahaan farmasi global Pfizer dan perusahaan bioteknologi Jerman BioNTech mengumumkan bahwa vaksin virus corona buatan mereka efektif lebih dari 90 persen mencegah Covid-19.

Jika kedua vaksin terus bekerja dengan baik dalam uji klinis, Amerika Serikat akan segera memiliki dua vaksin virus corona yang tersedia untuk mereka yang paling berisiko.

Baik Moderna dan Pfizer berencana untuk mengajukan permohonan ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) AS dalam beberapa minggu mendatang untuk memungkinkan penggunaan darurat vaksin mereka.

Uji coba vaksin ini melibatkan 30.000 orang di AS. Setengah dari mereka diberi dua dosis vaksin dengan jarak empat pekan. Sisanya mendapat suntikan hampa.

Baca Juga: Penyakit Jantung Lebih Risiko Terkena Covid-19, Konsumsi 5 Makanan Ini Agar Terhindar dari Penyakit Mematikan Itu