Bisa Jadi Penyakit Serius Sedang Mengintai, Normalkah Berkeringat di Malam Hari?

By Rachel Anastasia Agustina, Rabu, 25 November 2020 | 20:00 WIB
Ilustrasi berkeringat di malam hari. (freepik)

Bisa Jadi Penyakit Serius Sedang Mengintai, Normalkah Berkeringat di Malam Hari?

Nakita.id - Apakah Moms pernah merasakan terbangun dari tidur di malam hari dengan kondisi badan penuh keringat?

Padahal suhu kamar Moms dan Dads sudah cukup sejuk karena bantuan dari air conditioner (AC).

Siapa yang menyangka, ternyata berkeringat di malam hari itu bisa jadi tanda penyakit ini sedang bersembunyi.Dalam satu penelitian yang dipublikasikan dalam Annals of Family Medicine, sepertiga dari pasien perawatan primer dilaporkan berkeringat di malam hari selama satu bulan terakhir.

Baca Juga: Tidur Semalam Terganggu karena Gatal? Ternyata Itu Bisa Jadi Awal Penyakit Mematikan Seperti KankerNamun, tidak ada yang tahu persis bagaimana kondisi ini terjadi, karena sebagian besar penderita tidak pernah melaporkan gejala yang mereka alami kepada dokter, kata James Mold, MD, di University of Oklahoma. Dalam kajian yang diterbitkan dalam Journal of American Board of Family Medicine, Mold dan rekan-rekannya mengungkapkan bahwa terdapat beberapa faktor yang memungkinan seseorang berkeringat di malam hari,

diantaranya rasa panik, masalah tidur, demam, mati rasa pada tangan dan kaki, kecemasan dan stres, dan kesulitan bernapas di malam hari.

Baca Juga: Rutinitas Menggunakan Skincare untuk Wajah Glowing di Malam Hari Bagi Pemilik Kulit Kering, Tak Hanya Pakai Krim Malam!