Vaksin Covid-19 Sebentar Lagi Siap, Pemerintah Pastikan Vaksin Aman dan Halal

By Yussy Maulia, Minggu, 29 November 2020 | 21:16 WIB
Ilustrasi vaksin dan jarum suntik. ()

Nakita.id – Dunia kesehatan tampaknya sudah mulai memasuki babak baru dalam menangani pandemi Covid-19.

Melalui berbagai penelitian yang disokong oleh teknologi kesehatan yang canggih, vaksin untuk mencegah penularan Covid-19 dikabarkan akan segera meluncur.

Kapan vaksin itu akan segera diluncurkan, belum ada yang bisa memastikan. Namun, pemerintah mengharapkan adanya kerjasama dari masyarakat.

Masyarakat diharapkan tidak takut dan ragu ketika vaksin Covid-19 sudah siap untuk diberikan.

Sebab, pemerintah tengah memastikan vaksin yang akan digunakan aman dan efektif.

Bahkan, pemerintah juga juga menggandeng Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk memastikan vaksin yang digunakan halal. 

Vaksin akan melalui uji klinis tahap 3. Selain itu, vaksin harus menerima emergency use of authorization (EUA) dari Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (POM), serta terdaftar di World Health Organization (WHO).

Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, Kamis (19/11/2020), dikutip dari laman Covid.19.go.id

"Uji klinis merupakan tahap yang harus dilalui setiap vaksin untuk memastikan aman digunakan manusia dan memiliki efektivitas menghasilkan imunitas tubuh terhadap Covid-19," ungkap Wiku.

Para pakar bidang kesehatan dan WHO dilibatkan dalam pengembangan vaksin Covid-19 ini untuk memonitor dan memastikan bahwa vaksin ini aman digunakan.

Selain itu, pemerintah juga bekerjasama dengan Global Advisory Comittee on Vaccine Safety untuk memudahkan apabila terjadi isu selama proses pengembangan vaksin.

Bahkan, untuk memastikan kesiapan program vaksinasi Covid-19, Presiden Joko Widodo sudah melakukan peninjauan simulasi vaksinasi Covid-19, Rabu (18/11/2020).