Nikmatnya Hanya Sesaat, Menyusui Sambil Tidur Pada Bayi Baru Lahir Berbahaya, Moms Harus Lakukan Hal Ini untuk Tahan Kantuk Sejenak

By Aullia Rachma Puteri, Jumat, 4 Desember 2020 | 15:30 WIB
Ilustrasi menyusui (Freepik)

Nakita.id - Menyusui sambil tidur pada bayi baru lahir adalah posisi yang paling disukai Moms.

Moms yang baru beberapa hari berjuang melahirkan memang jarang punya waktu luang, jadi menyusui sambil tidur pada bayi baru lahir adalah surga bagi Moms.

Tapi tahukah Moms kalau menyusui sambil tidur pada bayi baru lahir itu berbahaya lho, tak bagus bagi bayi dan Moms.

Dilansir dari Happiest Baby, penelitian terhadap 2 ribu ibu menyusi mengungkapkan bahwa 72% dari mereka yang menyusui di tempat tidur tertidur lelap bersama bayinya. Dan 44% tertidur saat menyusui di sofa atau kursi malas.

Dan, dari penelitian itulah para menemukan bahwa bayi baru lahir lebih rentan meninggal saat Moms menyusuinya sambil tiduran.

Baca Juga: Memahami Pentingnya Zat Besi bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Bahkan, risiko ini semakin meningkat jika Moms menyusui bayi baru lahir di sofa sambil setengah tiduran.

Karena sebuah video penelitian menunjukkan menyusui sambil tiduran membuat Moms lupa melepas payudara saat bayi sudah tertidur.

Hal ini membuat mulut bayi menutup dan kehabisan oksigen.

Tapi sebetulnya, jika Moms selalu merasa mengantuk saat menyusui adalah wajar, karena saat menyusui tubuh Moms melepaskan oksitosin dari otak.

Pelepasan oksitosin dapat menyebabkan perasaan rileks dan mengantuk.

Baca Juga: Bingung Cari Alat KB yang Paling Aman Untuk Ibu Menyusui? Jenis Inilah yang Disarankan dan Dilarang Oleh Dokter Kandungan