Wajib Tahu, Ini Gejala Covid-19 yang Sering Terjadi Pada Anak

By Yussy Maulia, Selasa, 29 Desember 2020 | 01:37 WIB
Ilustrasi anak yang mengalami gejala terserang penyakit. ()

Nakita.id - Infeksi virus Covid-19 merupakan penyakit yang menyerang sistem pernapasan.

Meski penderita Covid-19 sejauh ini adalah orang dewasa, tidak mengurangi kemungkinan bahwa virus ini bisa menyerang anak-anak.

Pada rentang waktu 13 April - 30 September 2020, sebuah penelitian yang diterbitkan di Canadian Medical Association Journal (CMAJ) mencoba mengamati gejala Covid-19 pada golongan muda.

Lebih dari 2.400 anak dan remaja di bawah 17 tahun di provinsi Alberta, Kanada menjalani tes Covid-19.

Baca Juga: Ingin Jaga Sistem Kekebalan Tubuh di Tengah Pandemi Covid-19? Ternyata Minuman Sejuta Umat Ini Bisa Pilihan Baik

Hasilnya, ditemukan risiko hasil positif yang lebih besar pada anak di rentang usia 13 hingga 17 tahun. Sementara, hasil negatif lebih banyak ditemukan pada anak usia di bawah 4 tahun.

Dari penelitian tersebut, anak yang hasil tesnya positif menunjukkan gejala seperti sakit perut, kehilangan indra perasa dan penciuman, serta demam dan sakit kepala.

Namun, sepertiga dari anak-anak dan remaja yang positif terinfeksi Covid-19 tidak menunjukkan gejala sama sekali.

Meski demikian, jumlah pasien dengan gejala 65 kali lebih banyak daripada yang tidak menunjukkan gejala sama sekali.

Salah satu penulis penelitian Dr. Finlay McAlister dari University of Alberta menyebut, hal ini menjadi tantangan dalam mengidentifikasi Covid-19 pada anak-anak.

Baca Juga: Alami 5 Gejala Ini, Tandanya Daya Tahan Tubuh Moms Sedang Lemah

“Proporsi infeksi virus corona tanpa gejala pada anak-anak kemungkinan jauh lebih tinggi daripada yang telah kami laporkan, mengingat banyak juga yang tidak hadir untuk dites," ujar McAlister.