Inilah Sebabnya Buah-buahan Lebih Baik Disantap Sebelum Makan Besar

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Selasa, 6 Februari 2018 | 09:58 WIB
Makan Buah Sebelum Makan Besar ()

Nakita.id - Umumnya di Indonesia buah dijadikan makanan penutup usai makan besar.

Tapi hanya sebagian kecil saja yang melakukan itu. Sebab di Indonesia konsumsi buah di masyarakat masih sangat minim. Padahal merupakan makanan yang sangat disarankan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

BACA JUGA: Hanya Modal Rp 10.000, Ini Cara Rahasia Memutihkan Wajah Secara Alami

Dilansir melalui Livestrong.com, Departemen Pertanian Amerika Serikat mengungkapkan bahwa mengonsumsi buah penting bagi tubuh, karena buah memiliki banyak kandungan baik bagi tubuh.

Waktu konsumsi buah yang tepat sebenarnya sebelum makan besar.

Hal tersebut karena makan buah sebelum makan mampu mendorong asupan buah yang lebih maksimal, serta dapat mengontrol berat badan dan tetap memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh.

Orang yang mengonsumsi buah sebelum makan dapat membantu mengendalikan napsu makan.

BACA JUGA: Daffa, Bayi Prematur yang Berjuang Keras Untuk Bertahan Hidup

Makan makanan berat dalam kondisi yang sangat lapar membuat banyak orang tak bisa menahan keinginannya untuk terus mengisi perut hingga kenyang. Sehingga ia akan memiliki kalori berlebih.

Disitulah peran buah sebagai pemberi kalori rendah dalam perut, sehingga saat makan, seseorang akan lebih bisa mengendalikan napsu makannya.

Buah dianggap sebagai makanan yang rendah energi, artinya mereka menyediakan sedikit energi dan kalori, tetapi mampu membantu metabolisme dan kebutuhan tubuh lebih lengkap karena kandungan vitamin di dalamnya.

Selain itu, buah juga mengandung serat tinggi yang akan membuat kita merasa kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama.