Bete Dengan Jerawat? Berikut Hasil Konsultasi dengan Ahlinya

By Gazali Solahuddin, Sabtu, 10 Februari 2018 | 12:36 WIB
Jerawat di pipi, bisa membuat drop percaya diri ()

Nakita.id - Jerawat adalah momok bagi Moms, betul kan? Karena dia datang tanpa permisi, juga susah sekali untuk diusir.

Moms, ternyata yang bete dengan jerawat tidak hanya Moms, Dads dan anak-anak remaja juga kerap dibuat bete oleh jerawat.

Supaya tidak bete lagi dengan jerawat, simak yuk tanya jawab nakita dengan ahlinya, dr. Indro Poerwanto, Sp.KK dari Klinik Spesialis Karima Medika, Jakarta;

Nakita: Bagaimana Jerawat bisa muncul di kulit wajah, punggung, dan tempat lainnya?

dr. Indro: Berbicara mengenai jerawat, pada dasarnya jerawat adalah keadaan dimana ada sumbatan pada pori-pori kulit sehingga muncul abses atau kantong nanah yang meradang dan terinfeksi.

Nakita: Apa saja yang bisa menyebabkan munculnya jerawat?

dr. Indro: Ini berarti yang dimaksud faktor pencertus. Ok, secara umum ada 2 faktor pencetus jerawat; faktor ektsternal; cuaca panas, polusi, kosmetik, rokok, alkohol, makanan tinggi lemak dan karbohidrat. Faktor internal; hormonal, stres fisik maupun mental, genetik/bakat.

 

Nakita: Bisa diceritakan bagaimana dari dua faktor pencetus di atas bisa muncul jerawat?

dr. Indro: Ok. Begini. faktor internal dan eksternal tersebut dapat merangsang kelenjar minyak/kelenjar sebasea yang terdapat pada lapisan kulit jangat/dermis, dan kemudian menghasilkan minyak/sebum secara berlebihan.

Oh iya. Sebenarnya sebum dalam keadaan normal berfungsi sebagai pelembap kulit, lo. Tapi banyaknya dan kekentalan sebum berlebihan mengakibatkan sumbatan pada pori-pori kulit.

Nah, sumbatan tersebut selanjutnya memunculkan benjolan berisi padatan yang disebut komedo.