Ingin Jadi Moms yang Menginspirasi di Masa Pandemi? Lakukan Ini!

By Fathia Yasmine, Senin, 24 Mei 2021 | 13:36 WIB
Ilustrasi Moms inspiratif dari rumah (Dok. Shutterstock)

Nakita.id – Peran perempuan dalam penganggulangan pandemi Covid-19 semakin terlihat. Sebut saja tenaga kesehatan perempuan yang berkontribusi langsung di garda terdepan.

Dikutip dari pemberitaan Kompas.com (21/4/2020), dari banyaknya tenaga kesehatan di seluruh dunia, 70 persen di antaranya adalah perempuan.

Tak hanya sebagai tenaga kesehatan, perempuan juga memberi dampak positif di tengah masyarakat selama pandemi. Sebut saja Menteri Sosial Tri Rismaharini yang aktif mendorong stimulus untuk membantu masyarakat terdampak.

Di kalangan selebritas dan influencer kita dapat melihat aksi Happy Salma yang mengenalkan karya sastra dengan media digital selama masyarakat di rumah saja serta Maurilla Sophianti Imron yang fokus mengampanyekan cara meminimalisasi sampah.

Baca Juga: Mitos vs Fakta Kehamilan: Benarkah Morning Sickness Hanya Muncul Pagi Hari? Begini Kata Ahli Soal Hal Ini dan Cari Tahu Cara Atasinya

Meski begitu, menjadi perempuan inspiratif selama pandemi tidak selalu harus membuat aksi yang besar, kok Moms.

Moms tetap bisa memberikan kontribusi selama pandemi serta menjadi Moms yang menginspirasi dengan menerapkan kebiasaan baik dari rumah. Bagaimana caranya. 

1. Jadi role model penerapan prokes

Sebagai gerbang utama dalam mendidik anak, Moms bisa menjadi contoh bagi anggota keluarga dalam memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Salah satunya dengan cara disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Adapun prokes selama pandemi meliputi memakai masker, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, menjaga jarak, dan membatasi mobilitas serta interaksi dengan orang yang tidak serumah (5M).

Baca Juga: Masuk Angin Saat Hamil Bikin Moms Parno, Lihat Tips yang Bisa Dilakukan Untuk Mencegah Datangnya Masuk Angin Pada Ibu Hamil

Moms bisa mengajak anggota keluarga untuk tidak lupa menggunakan masker sebelum bepergian ke luar rumah. Ingatkan juga cara memakai masker yang baik dan benar, yaitu menutup seluruh bagian wajah mulai dari hidung hingga dagu serta tidak memiliki celah kosong di sisi kanan dan kiri masker.