Jangan Salah, Biji Alpukat Ternyata Punya Manfaat Luar Biasa ini

By Fita Nofiana, Minggu, 18 Februari 2018 | 14:57 WIB
Jangan Salah, Biji Alpukat Ternyata Punya Manfaat Luar Biasa Ini! (kompas.com) ()

Nakita.id - Buah Alpukat memang banyak digemari, karena kandungannya yang membuat orang cepat kenyang sehingga baik untuk diet. 

BACA JUGA: Coba 4 Resep Alami Perawatan Kulit Ini Moms, Lihat Perubahannya

Tak hanya untuk diet, buah ini juga nyatanya baik untuk masker kulit sebagi pelembap yang cukup ampuh.

Tapi Moms, ternyata tak hanya buahnya yang bermanfaat tapi bijinya juga memiliki manfaat yang luar biasa. 

Temuan yang dilakukan University of Texas Rio Grande Valley mungkin dapat mengubah kebiasaan Moms makan alpukat.

Mereka mengatakan, cangkang keras yang melindungi biji alpukat mengandung lebih dari 130 zat yang dapat dijadikan revolusi obat-obatan dan berguna untuk industri.

Ahli kimia Debasish Bandyopadhyay yang memimpin penelitian itu mengatakan, kandungan senyawa yang dimiliki cangkang biji alpukat meliputi docosanol atau suplemen gizi, senyawa antivirus, heptacosane untuk mengekang tumor.

BACA JUGA: Kolaborasi dengan Seleb Korea, 5 Artis Indonesia Sukses Ini Bikin Iri!

Selain itu, juga ditemukan asam dodecanoic yang dapat melindungi tubuh dari aterosklerosis (penyempitan atau penebalan arteri), dan memiliki benzyl butyl phthalate untuk membuat barang plastik seperti tirai di kamar mandi yang lembut.

"Pabrik farmasi di Inggris, GlaxoSmithKline, saat ini mendapat jutaan dollar dalam setahun dari Abreva, obat demam yang memiliki kandungan docosanol," ujar Bandyopadhyay dilansir dari Seeker, (21/8/2017).

Dengan temuannya, ia percaya ada pasar besar yang dapat memanfaatkan biji alpukat sebagai obat-obatan dan bahan industri dibanding membuangnya sia-sia. Ia percaya, biji buah lainnya sangat mungkin memiliki kandungan yang dapat bermanfaat untuk tubuh.

"Apalagi, senyawa yang berasal dari alam lebih sedikit memiliki efek samping dibanding yang terbuat dari bahan kimia," sambungnya.