Selain Cuaca Ekstrem, BMKG Kembali Peringatkan Masyarakat Sekitar Ini karena Ada Potensi Gelombang Tinggi, Waspada Bagi Masyarakat Wilayah Ini

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Rabu, 1 September 2021 | 07:15 WIB
Ilustrasi gelombang tinggi yang diperkirakan akan terjadi pada Rabu (1/9/2021) (freepik.com/stockvault)

Nakita.id - Belum lama ini, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan adanya cuaca ekstrem yang akan terjadi pada Rabu (1/9/2021) ini.

Mengutip dari Tribunnews, BMKG memantau sirkulasi siklonik.

Menurut web.meteo.bmkg.go.id, sirkulasi siklonik terpantau di sekitar wilayah Kamboja dan di Kalimantan bagian barat, yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang dari Teluk Thailand hingga Vietnam bagian selatan dan dari perairan timur Kalimantan Timur hingga perairan barat Kalimantan Barat.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang di perairan barat Banten hingga Sumatera Barat, dari Laut Jawa bagian barat hingga Kep. Riau, dari perairan timur Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, dari Laut Banda bagian utara hingga Laut Seram bagian barat, dan di Papua.

Baca Juga: BMKG Sudah Beri Peringatan, Rabu 1 September 2021 Sederet Wilayah Berikut Ini Bakal Mengalami Cuaca Ekstrem, Daerah Mana Saja?

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Akibat dari sirkulasi siklonik tersebut ada 30 wilayah yang akan mengalami cuaca ekstrem.

Mulai dari angin kencang hingga hujan disertai angin kencang dan kilatan petir di beberapa wilayah.

Ternyata selain cuaca ekstrem, BMKG mengeluarkan peringatan juga terkait adanya potensi gelombang tinggi.

BMKG mengingatkan agar masyarakat mewaspadai adanya potensi gelombang tinggi mencapai 4 meter pagi ini, Rabu (1/9/2021).