Menjamur di Tengah Pandemi Covid-19, Seberapa Efektif Layanan Telekonsultasi Kesehatan? Begini Kata Ahli

By Shinta Dwi Ayu, Rabu, 1 September 2021 | 18:50 WIB
Melakukan telekonsultasi kesehatan di tengah Pandemi Covid-19 (Freepik.com/Noxos)

Nakita.id - Pandemi Covid-19 memang mengubah kehidupan secara signifikan.

Kebiasaan orang Indonesia yang suka berkumpul dalam melakukan berbagai aktivitas pun harus dibatasi.

Kini, orang-orang tidak diperkenankan untuk keluar rumah jika tak ada keperluan mendesak.

Hal tersebut dilakukan guna melindungi diri agar tidak terinfeksi virus corona.

Baca Juga: Tak Perlu Khawatir Moms, Simak Tips Cermat Memilih Layanan Kesehatan dengan Kenyamanan Terbaik untuk Proses Persalinan di Masa Pandemi

Ya, akibat pandemi banyak aktvitas yang terpaksa harus dilakukan secara virtual.

Bahkan, untuk mendapat layanan kesehatan saja kini kebanyakan orang menggunakan jasa telekonsultasi.

Moms yang merasa sakit atau memiliki keluhan bisa langsung menghubungi dokter.

Nanti dokter akan membuatkan resep obat yang harus Moms beli atau langsung diantar ke rumah.

Layanan kesehatan secara digital memang berkembang pesat di tengah pandemi.

Pasalnya, banyak orang yang merasa takut ketika harus pergi ke rumah sakit di tengah virus yang masih merajalela ini.

Namun, yang sering kali membuat banyak orang ragu adalah apakah mengakses layanan kesehatan secara digital atau melakukan telekonsultasi kesehatan cukup efektif?

Menurut seorang psikolog bernama Inez Kristanti, layanan telekonsultasi kesehatan tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. 

Baca Juga: Makin Mudah Dapatkan Layanan Kesehatan di Luar Negeri dengan Cara Ini Moms

Kekurangannya, terkadang dokter agak sulit menangkap apa yang dirasakan pasien karena tidak bertemu secara langsung.

Begitu pula dengan pasien yang mungkin saja tidak mengerti pernyataan dari dokter.

Inez pun menyebut berkomunikasi secara online dan konsultasi tatap muka tentu berbeda.

Meski begitu, di tengah pandemi Covid-19 saat ini, layanan telekonsultasi kesehatan tentu sangat membantu.

Faktor itulah yang kemudian membuat AXA Financial mengandeng Good Doctor untuk menjalankan program "Super Warrior Wellnes" ,yang bisa dinikmati para karyawan dan juga nasabah perusahaan tersebut.

Melalui program ini, AXA berusaha menjamin kesehatan para karyawan dan juga nasabahnya.

"Kita ingin karyawan dan nasabah AXA bisa jadi super warrior untuk keluarganya," kata Danu Wicaksana, Managing Director Good Doctor Teknologi Indonesia, dalam acara virtual 'AXA Wellbeing Program', Rabu (1/9/2021).

Baca Juga: Ingin Manjakan Diri ke Salon atau Barbershop Selama PSBB Transisi? Ketahui Kalau Layanan Perawatan Muka dan Pijat Ditiadakan

Melalui prorgram ini, para karyawan dan nasabah AXA bisa melakukan konsultasi kesehatan.

Selain itu, mereka juga akan mendapat produk obat kesehatan serta tentunya vaksin Covid-19.

Menariknya, program ini bukan hanya berfokus pada kesehatan fisik saja Moms, namun juga mental.

Program ini juga sudah banyak menyelenggarakan webinar untuk para karyawan dan nasabah AXA yang bisa menambah pengetahuan tentang kesehatan di tengah pandemi Covid-19.