Siklus Haid Tidak Teratur Ternyata Bisa Dipicu Oleh Polusi Udara

By Fadhila Afifah, Selasa, 27 Februari 2018 | 17:22 WIB
Siklus menstruasi tidak teratur bisa terjadi karena polusi udara ()

Nakita.id - Moms, ternyata jika siklus menstruasi tidak teratur, bisa saja disebabkan terlalu banyak menghirup polusi udara.

Apalagi jika Moms banyak menghabiskan aktivitas di luar ruangan.

Remaja atau orang dewasa yang menghirup polusi udara di saat periode menjelang menstruasi berikutnya, mungkin akan memiliki siklus yang tidak teratur.

BACA JUGA: 6 Cara Sederhana Ini Ampuh Mengusir Cicak dari Rumah

Hal ini dikatakan dalam sebuah penelitian baru.

Menurut penelitian dalam jurnal Human Reproduction, para ilmuwan menemukan adanya kaitan, antara terpapar polusi udara dan siklus haid yang tidak teratur bagi perempuan muda. Meskipun bukan menjadi penyebab langsung.

Perempuan yang terpapar polusi sangat tinggi di sekolah atau di lingkungannya, berisiko mengalami ketidakaturan haid dan mengalami waktu lebih lama untuk kembali haid, ini banyak terjadi pada perempuan remaja dan menjelang dewasa.

Studi tersebut menjelaskan bahwa penelitian sebelumnya telah menemukan polusi udara yang memengaruhi aktivitas hormonal, dan hormon yang berperan menjaga siklus haid.

Penelitian sebelumnya juga memberi tahu adanya kaitan antara polusi udara dan ketidaksuburan juga masalah lainnya pada sistem reproduksi perempuan.