Atasi Anak yang Picky Eater, Salah Satunya dengan Kelezatan Umami

By Yussy Maulia, Kamis, 9 September 2021 | 17:31 WIB
Ilustrasi anak picky eater. (Shutterstock)

Nakita.id – Moms mungkin sudah tidak asing lagi dengan sebutan picky eater. Istilah tersebut merujuk pada anak yang suka pilih-pilih makanan.

Seiring bertambahnya usia, si kecil mulai mengenal bentuk visual, rasa, dan tekstur makanan. Tak jarang, mereka menjadi lebih selektif dalam memilih makanan.

Menurut psikolog anak dan keluarga Irma Gustiana S.Psi, M.Psi, anak picky eater cenderung makan dengan porsi sedikit. Selain itu, biasanya mereka hanya mau mengonsumsi makanan yang menurutnya terlihat menarik.

“Umumnya, gangguan ini (picky eater) terjadi ketika anak berusia 2 hingga 3 tahun. Ada pula kemungkinan berlanjut sampai mereka berusia 6 tahun,” papar Irma dalam webinar Ajinomoto, Sabtu (28/8/2021).

Baca Juga: Ini Dia Peran Penting Asam Amino dalam Kesehatan, Simak Terobosan Terbaru!

Meski picky eater merupakan fase normal pada perkembangan anak, kondisi ini bisa membuat Moms frustrasi. Moms pun khawatir apabila si kecil tidak mendapatkan nutrisi yang cukup.

Namun, memaksa agar si kecil mau mengonsumsi makanan bergizi seimbang pun bukan solusi tepat. Alih-alih menurut, si kecil hanya akan merasa tertekan dan semakin ogah makan.

Lalu, bagaimana solusi menghadapi anak yang picky eater? Yuk, simak kiat-kiat berikut Moms.

1. Ajak anak berbelanja

Berbelanja dapat menjadi cara seru untuk membangun kedekatan dengan si kecil. Sambil memilih bahan makanan, Moms dapat mengenalkan jenis-jenis makanan dan fungsinya untuk kesehatan tubuh kepada si kecil.

Baca Juga: Ingin Belanja Kebutuhan Sehari-hari Tapi Masih PPKM Darurat? Begini Cara Praktis dan Aman Berbelanja Selama Pandemi Covid-19

Berikan kesempatan kepada si kecil untuk memilih jenis makanan yang ingin dibeli sesuai kesukaannya, mulai dari buah, sayur, hingga sumber protein seperti daging dan ikan.