Pantas Saja Sering Dikonsumsi untuk Alasan Kesehatan, Ternyata Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh Setelah Makan Rumput Laut

By Debora Julianti, Senin, 1 November 2021 | 19:00 WIB
rumput laut bagus untuk kesehatan (Pixabay)

Nakita.id - Moms bagi kita rumput laut memang tidak asing lagi iya.

Rumput laut biasanya diolah menjadi minuman yang segar dan makanan yang gurih nih.

Di beberapa daerah pantai di bagian selatan Jawa dan pantai barat Sumatera, rumput laut ini banyak ditemui hidup di atas karang-karang terjal yang melindungi pantai dari deburan ombak.

Melansir dari Kompas.com rumput laut memiliki jenis yang sangat beragam, mulai dari yang berbentuk bulat, pipih, tabung atau seperti ranting dahan bercabang-cabang.

Seperti tanaman darat pada umumnya, rumput laut juga memiliki klorofil atau pigmen warna yang lain.

Secara umum, rumput laut yang dapat dimakan adalah ganggang biru (cyanophyceae), ganggang hijau (chlorophyceae), ganggang merah (rodophyceae),  dan ganggang cokelat (phaeophycaea).

Selain hidup bebas di alam, beberapa jenis rumput laut juga banyak dibudidayakan oleh masyarakat pesisir Indonesia.

Rumput laut mempunyai kandungan nutrisi yang cukup legkap yitu protein, karbohidrat, lemak, serat, enzim, asam nukleat, asam amino, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, makro mineral (nitrogen, oksigen, kalsium, selenium) dan mikro mineral (zat besi, magnesium, natrium).

Kandungan asam amino, vitamin, dan mineral rumput laut ini bahkan mencapai 10-20 kali lipat dibanding dengan tanaman darat.

Kaya akan kandungan nutrisi berikut  beberapa manfaat rumput laut yang ternyata bagus untuk kesehatan kita lho.

Baca Juga: Zaskia Adya Mecca Pamer Bhre Kata dan Bhaj Kama Makan Rumput Laut, Siapa Sangka Rumput Laut Bisa Hindarkan Anak-anak dari Penyakit Ini