Nyesel Baru Tahu, Tak Hanya Mempercantik Ruangan, Tanaman Hias Juga Punya Manfaat untuk Kesehatan, Ini Penjelasan dari Ahli

By Shannon Leonette, Minggu, 14 November 2021 | 10:55 WIB
Manfaat meletakkan tanaman hias di dalam ruangan. (freepik.com)

Nakita.id - Siapa yang senang meletakkan tanaman hias di rumah atau di kantor?

Tanaman hias memang akhir-akhir ini disenangi banyak orang untuk mempercantik suasana ruangan.

Namun tahukah Moms, kalau tanaman hias juga ternyata punya manfaat untuk kesehatan?

Hal ini diungkapkan langsung oleh dokter sekaligus pemandu acara BBC "Just One Thing" Michael Mosley, yang melakukan percobaan dengan meletakkan tanaman hias selama satu minggu.

"Saya di ruang kerja saya di rumah. Untuk satu hal saja minggu ini, saya mengisinya dengan tanaman hias," kata Mosley, seperti dilansir dari Express via KOMPAS.com (13/11/2021).

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu! Tanaman Hias Ini Bisa Menyerap Racun dan Menyegarkan Ruangan, Simpan di Kamar Supaya Tidur Kita Lebih Nyenyak

Menurut Mosley, tanaman hias dapat meningkatkan kelembaban, yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit, Moms.

Tak hanya itu, tanaman hias juga membantu mengurangi polusi udara yang ada di dalam ruangan, baik di rumah maupun di kantor, sehingga bisa menyehatkan paru-paru, Moms.

Juga, untuk meningkatkan daya pikir sehingga cepat dalam mengambil keputusan.

Hal ini dikarenakan polutan udara dalam ruangan mengandung senyawa organik volatil (VOC), juga karbon dioksida (CO2), Moms.

"Dalam konsentrasi normal, CO2 tidak berbahaya tetapi dalam konsentrasi yang lebih tinggi, itu dapat mengganggu pemikiran dan pengambilan keputusan," tutur Mosley.