BREAKING NEWS Gunung Semeru Meletus, Warga Ceritakan Detik-detik Letusan yang Ternyata Sudah Bergemuruh Sejak Sehari Sebelumnya

By Kirana Riyantika, Sabtu, 4 Desember 2021 | 18:22 WIB
Gunung Semeru meletus, warga ceritakan kesaksiannya (Twitter/Daryono BMKG)

Nakita.id - Gunung Semeru yang dikenal sebagai gunung tertinggi di pulau Jawa meletus pada Sabtu (4/12/2021) pukul 13.30 WIB.

Melansir Kompas.com, Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Jawa Timur memuntahkan awan guguran panas.

Kejadian meletusnya Gunung Semeru tersebut dikonfirmasi oleh Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang bernama Andiani.

Baca Juga: Ameer Azzikra Meninggal Dunia, Alvin Faiz Ungkap Sang Adik Akan Dimakamkan di Sebelah Makam Ustaz Arifin Ilham

"Erupsi berupa awan panas guguran, tanggal 4 Desember 2021 pukul 13:30 diawali dengan laharan. Tercatat di seismogram Amplitudo maksimum 25 mm durasi masih berlangsung," kata Andriani.

Guguran awan panas akibat letusan Gunung Semeru mengarah ke daerah Besuk Kobokan.

Suara gemuruh dari letusan Gunung Semeru membuat warga ketakutan.

Melansir Tribunnews, seorang penduduk bernama Giri yang tinggal di Dusun Kampung Renteng Desa Oro-oro Ombo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang memberikan kesaksiannya.

Giri melihat guguran lava pijar mulai Jumat (3/12/2021) sekitar pukul 18.00 WIB.