Moms, Ternyata Ini Rahasia Rafi Ahmad dan Nagita Slavina untuk Jaga Kebersihan Pakaian Baby Rayyanza

By Nana Triana, Senin, 13 Desember 2021 | 14:37 WIB
Rafi Ahmad dan Nagita Slavina menggunakan Sleek Baby Laundry Detergen untuk Jaga Kebersihan Pakaian Baby Rayyanza (Dok. Sleek)

Nakita.ID – Seribu hari pertama kehidupan (HPK) yang terhitung sejak masa kehamilan hingga usia dua tahun merupakan periode emas dalam proses tumbuh kembang si kecil.

Pada periode ini, si kecil bertumbuh secara fisik dan mental. Oleh karena itu, Moms perlu memperhatikan banyak kebutuhan krusialnya. Selain nutrisi yang cukup dengan pemberian air susu ibu (ASI) dan makanan pendamping ASI (MPASI), Moms perlu menjaga kebersihan perlengkapan yang digunakan si kecil. Misalnya saja, popok kain, pakaian, selimut, hingga handuk.

Serat kain yang tidak dibersihkan secara maksimal dapat menyimpan bakteri dan virus penyebab penyakit. Apabila si kecil sering sakit, tumbuh kembangnya juga bisa terganggu.

Namun, membersihkan perlengkapan yang menempel langsung dengan kulit si kecil juga harus hati-hati. Sebab, kulit bayi cenderung lebih sensitif. Cara mencuci yang salah atau penggunaan deterjen yang tidak tepat dapat memicu alergi dan dermatitis kontak.

Dermatitis kontak merupakan alergi yang menyebabkan munculnya ruam merah dan gatal pada kulit. Kondisi ini biasanya terjadi pada area tertentu seperti ketiak dan selangkangan.

Melansir dari laman Babylist, pendiri New Jersey Dermatology and Aesthetics Center, dr. Zain Husain, MD, mengatakan, bayi memiliki kulit yang sangat sensitif. Hal ini karena kulit dan sistem kekebalan bayi belum sepenuhnya matang.

“Kulit mereka dapat bereaksi terhadap berbagai bahan kimia yang ada dalam deterjen,” kata dr. Zain.

Baca Juga: Jangan Sampai Terlewat, Begini Peran Ayah Dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak

Adapun bahan kimia pada deterjen yang bisa memicu alergi pada bayi biasanya adalah parfum, pengawet, dan pewarna.  

Lantas bagaimana caranya agar bisa memilih deterjen yang aman untuk si kecil? Ada beberapa tips yang bisa Moms lakukan untuk memilih deterjen yang tepat untuk si kecil.

  1. Pilih deterjen dengan bahan dasar natural plant extract

Setiap Moms pasti ingin hasil cuciannya bersih dan terhindar dari noda membandel. Namun, Moms juga harus memerhatikan bahan deterjen. Sebab, zat kimia bisa menyebabkan kulit si kecil rentan mengalami iritasi atau alergi.

Untuk itu, sebaiknya moms memilih deterjen dengan bahan dasar natural plant extract yang aman untuk kulit bayi dan efektif menghilangkan noda serta menjaga pakaian tetap lembut.