3 Hal Penting dalam Toilet Training pada Tahap Perkembangan 0-2 Tahun

By David Togatorop, Selasa, 14 Desember 2021 | 07:39 WIB
Toilet training harus diajarkan dalam suasana yang nyaman bagi anak. (Pixabay/thomasbrodowksi)

Nakita.id – Salah satu tahap penting dalam perkembangan anak adalah kemampuannya mengendalikan bagian-bagian tubuhnya. Dalam hal ini, perkembangan fisik dan motorik saling terkait agar bayi berusia 0-2 tahun mulai bisa melakukan banyak hal.

Kemampuan toilet training adalah salah satunya, sehingga orangtua harus tahu cara mengajari toilet training pada tahapan perkembangan bayi tahun kedua.

Dengan toilet training, maka anak diharapkan bisa mengurus dirinya sendiri saat buang air kecil atau buang air besar. Kemampuan anak mengontrol buang air kecil disebut dengan bladder control. Sedangkan toilet training untuk buang air besar disebut dengan bowel control.

Baca Juga: Cara Mengatasi Penyakit Jantung Bawaan Kritis pada Bayi Agar Tidak Terlambat Didiagnosis dan Ditangani

Usia toilet training

Orangtua perlu tahu kapan usia yang tepat bagi anak untuk melakukan toilet training. Saat yang cocok adalah ketika anak mulai bisa berjalan, dalam kisaran usia lewat dari 1 tahun hingga 1,5 tahun.

Orangtua juga jangan kaget kalau anak cenderung lebih bisa melakukan toilet training untuk buang air besar terlebih dahulu dibandingkan toilet training buang air kecil.