Pentingnya Pemberian ASI dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak, Berikut Makanan yang Sering Dijadikan Booster ASI Supaya Lancar

By Kintan Nabila, Selasa, 21 Desember 2021 | 15:39 WIB
Pentingnya Pemberian ASI dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak (Dok Nakita)

Nakita.id - Moms, penting sekali untuk memenuhi nutrisi anak melalui ASI (Air Susu Ibu) dalam 1000 hari pertama kehidupan.

1000 hari pertama kehidupan terdiri dari 270 hari selama kehamilan dan 730 hari pada dua tahun pertama kehidupan buah hati.

Masa ini juga sering disebut sebagai window of opportunity atau periode emas anak.

Baca Juga: Makanan Sehat yang Bagus untuk Kecerdasan Otak Anak, Ibu Hamil Wajib Konsumsi Makanan Ini Sejak 1000 Hari Pertama Kehidupan

dr. Louise Kartika Indah, M.Gizi, Sp.GK Dokter Spesialis Gizi Klinik RS Pondok Indah Bintaro Jaya mengatakan, ibu wajib memberikan ASI eksklusif pada 6 bulan pertama setelah bayi lahir, serta memastikan kualitas dan kuantitasnya cukup.

"Selama 6 bulan ini juga ibunya harus makan yang benar supaya bisa memberikan ASI yang baik untuk anaknya," katanya dalam wawancara mendalam bersama Nakita, Selasa (14/12/2021).

Oleh karenanya, banyak Moms yang mengonsumsi makanan yang diklaim sebagai booster ASI, saat produksi air susu mandek atau kurang lancar.

Kira-kira apa saja makanan yang bisa jadi booster ASI dan seberapa efektif khasiatnya?

dr. Louise Kartika Indah, M.Gizi, Sp.GK Dokter Spesialis Gizi Klinik RS Pondok Indah - Bintaro Jaya

Selama 6 bulan periode menyusui, terkadang produksi ASI tidak selalu lancar dan deras.

dr Louise menjelaskan, sebetulnya makanan yang bisa booster ASI memang ada.

Namun, sampai saat ini belum dilakukan penelitian terkait keefektifannya.

"Katanya ada yang kalau minum susu kedelai bisa banyak ASI-nya, ada juga yang pakai daun katuk," kata dr Louise.

Baca Juga: Pentingnya Memenuhi Nutrisi Anak Sejak 1000 Hari Pertama Kehidupan untuk Dukung Tumbuh Kembangnya, Orang Tua Wajib Tahu!

Lebih lanjut ia menjelaskan, kalau makanan tersebut berasal dari sumber bahan makanan alami, maka masih dikategorikan aman.

"Tapi jangan lupa makan tetap makan makanan yang lain juga, jangan cuman konsumsi itu aja," kata dr Louise.

Ia juga mengingatkan para Moms untuk bijak mempertimbangkan, apabila ASI booster yang dikonsumsi berasal dari obat-obatan kimia.

"Saran saya, tanyakan dulu ke dokternya. Bisa dengan dokter obgyn atau dokter anak apakah (ASI Booster) ini aman?" kata dr Louise.