Pentingnya Membentuk Bonding Orangtua dan Anak Sejak 1000 Hari Pertama Kehidupan untuk Dukung Perkembangan Mental dan Emosionalnya

By Kintan Nabila, Rabu, 22 Desember 2021 | 16:45 WIB
Pentingnya membentuk bonding dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak (Dok. Nakita)

Nakita.id - 1000 hari pertama kehidupan berperan besar dalam proses tumbuh kembang anak.

1000 hari pertama kehidupan terdiri dari 270 hari selama kehamilan dan 730 hari pada dua tahun pertama kehidupan buah hati.

Masa ini juga sering disebut sebagai window of opportunity atau periode emas anak.

1000 hari pertama kehidupan merupakan periode, di mana Si Kecil sedang berkembang pesat, baik dari segi fisik, mental, maupun emosional.

Disamping mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisinya, orangtua harus bisa menjadi support system untuk mendukung perkembangan mental dan emosionalnya.

Baca Juga: Pemberian Nutrisi Sejak 1000 Hari Pertama Kehidupan Tidak Berjalan Optimal? Ini Masalah Kesehatan yang Bisa Terjadi Pada Anak

Moms dan Dads bisa memberikan kasih sayang dan rasa aman melalui bonding.

Alia Mufida, M.PSi, Psikolog Anak dan Remaja dari Klinik Mentari Anakku mengatakan, 1000 hari pertama kehidupan adalah momen yang tepat bagi orangtua dan anak untuk membentuk bonding.

"Bonding atau attachment, yaitu kelekatan emosi yang ada antara orangtua dan anaknya atau anak dengan attachment figure-nya," kata Alia dalam wawancara eksklusif bersama Nakita.id, Kamis (16/12/2021).