6 Bulan Sampai 1 Tahun Merupakan Tahap Awal Pertumbuhan Gigi yang Perlu Moms Ketahui

By Debora Julianti, Rabu, 26 Januari 2022 | 15:03 WIB
Ilustrasi bayi tumbuh gigi (freepik)

Nakita.id -  Moms salah satu pertumbuhan pada bayi yang paling ditunggu-tunggu tentu adalah pertumbuhan gigi.

Menurut Dr. William Jayadi Iskandar Sp.A, selaku dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah saat diwawancara dengan Nakita, Senin (24/01/2022) gigi pada anak biasanya tumbuh semenjak umur 6 bulan sampai 1 tahun.

“Biasanya kalo gigi pada bayi itu pasti yang muncul gigi susu iya, gigi susu pada bayi itu biasanya awal muncul pada usia 6 bulan sampai paling lama sekitar 1 tahun”ujar Dr. William.

Dr. William juga menambahkan jika gigi pada bayi, muncul pada bagian tengah bagian atas terlebih dahulu.

“Gigi susu pada bayi biasanya muncul pada bagian atas dan tengah-tengan, setelah itu baru gigi tengah bagian bawah, lalu mulai samping-sampingnya muncul”tambah Dr. William.

Gigi susu merupakan gigi pertama pada manusia, proses pembentukan gigi ini nyatanya sudah ada sejak kita berada didalam kandungan.

Maka dari itu ibu hamil sangat diwajibkan untuk mengonsumsi cukup kalsium, vitamin D, vitamin C, dan fosfor untuk mendukung pertumbuhan gigi bayi bayi.

Namun gigi biasanya baru akan keluar secara berurutan, mulai dari gigi sering, taring, baru yang terakhir yaitu gigi graham.

Selain melalu proses tumbuh secara satu persatu, nyatanya gigi susu juga akan copot secara satu persatu.

 Baca Juga: Ternyata Ini Asupan Makanan yang Harus Moms Konsumsi Agar Pertumbuhan Gigi Anak Sejak Dini Baik dan Sehat

Pertumbuhan pada gigi ternyata juga sangat berpengaruh untuk mengetahui apakah bayi memiliki pernyakit tertentu atau tidak.

Pada dasarnya jumlah gigi setiap orang memang mungkin saja berbeda, pada bayi atau anak-anak biasanya gigi bayi akan tumbuh sebanya 20 gigi.