Pantas Saja Banyak Orangtua yang Belum Tahu, Kenali Dampak Silent Treatment pada Mental Anak dalam Proses Tumbuh Kembangnya

By Shannon Leonette, Selasa, 15 Februari 2022 | 18:44 WIB
Moms harus tahu, ini dampak silent treatment pada mental anak. (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Nakita.id - Apakah Moms sering memberikan silent treatment pada Si Kecil?

Sebagai informasi, silent treatment adalah suatu bentuk perlakuan dimana seseorang menolak berbicara dengan orang lain, atau dalam hal ini orangtua menolak berbicara dengan anak.

Silent treatment sendiri bisa dibilang sebagai salah satu bentuk hukuman tanpa kekerasan.

Hingga saat ini, banyak orangtua yang menggunakan cara ini untuk menghukum anaknya, dengan harapan sang anak cepat sadar akan kesalahannya.

Selain menolak berbicara dengan anak, silent treatment bisa dipraktikkan dengan tidak peduli pada keberadaan anak, cenderung menghindari segala bentuk diskusi, mengabaikan pertanyaan yang diajukan oleh anak, hingga memperlakukan anak dengan dingin dan tanpa kasih sayang.

Padahal, silent treatment bisa berdampak pada tumbuh kembang anak kedepannya, Moms.

Baik secara psikologis maupun sosial emosional.

Lantas, apa saja dampak silent treatment pada mental anak?

Merangkum Times of India, ini dia beberapa dampaknya.

Baca Juga: Mulai Sekarang Stop Kebiasaan Cuekin Suami Saat Bertengkar, Begini Akibatnya Jika Melakukan Silent Treatment kepada Pasangan

Sebelum itu, Moms harus tahu terlebih dahulu alasan orangtua memberikan silent treatment pada anak.

Utamanya, orangtua memberikan silent treatment pada anak dengan harapan agar anak cepat belajar dari kesalahannya, tanpa harus menunjukkan kekerasan seperti kekerasan fisik, berteriak, atau menunjuk.