Pantas Saja Pisau di Dapur Nggak Awet dan Cepat Rusak, Ternyata 7 Hal Ini Jadi Penyebabnya Tanpa Disadari

By Poetri Hanzani, Rabu, 9 Maret 2022 | 09:14 WIB
Beberapa hal yang membuat pisau cepat rusak (pexels/Lukas)

Nakita.id - Selain sendok dan garpu, peralatan masak yang wajib ada di dapur yaitu pisau.

Sama seperti perlengkapan memasak lainnya, menjaga pisau supaya tetap awet dan tak mudah rusak juga sangat penting.

Tapi tahukah Moms, kalau ternyata ada beberapa hal yang dapat membuat pisau di dapur cepat rusak tanpa kita sadari.

Melansir dari Taste of Home, Rabu (21/7/2021), ada beberapa hal yang membuat pisau ini cepat rusak sehingga akan menghambat pekerjaan di area dapur, seperti berikut ini.

1. Meninggalkan pisau di wastafel

Sangat ceroboh untuk meninggalkan piring di wastafel, tetapi membiarkan pisau yang menumpuk dengan peralatan makan lainnya adalah hal yang lebih buruk.

Tidak hanya berbahaya bagi orang yang mencuci piring berikutnya, tetapi bilahnya juga bisa tergores, dan ujungnya bisa bengkok atau bahkan patah. Untuk itu, cuci pisau segera setelah digunakan. Jika Anda harus menunggu, tinggalkan di atas meja yang terlihat oleh Anda.

2. Mencuci tidak benar

Mesin pencuci piring adalah alat modern yang menghemat waktu. Tapi itu tidak boleh digunakan untuk mencuci pisau.

Baca Juga: Semua Ibu Rumah Tangga Bisa Irit Anggaran Belanja, Pisau Tumpul di Dapur Pasti Kembali Tajam dalam Hitungan Detik Kalau Diasah Pakai Kardus Bekas, Begini Caranya

Pisau dapat tergores oleh peralatan lain selama siklus pencucian, bahan kimia dalam deterjen dapat menyebabkan lubang atau perubahan warna, dan siklus pengeringan panas tinggi bahkan dapat menyebabkan lengkungan.

Untuk itu, cuci pisau dengan tangan dalam air panas, menggunakan spons lembut dan sabun cuci piring yang lembut segera setelah digunakan.