Iseng-iseng Tidur dengan Posisi Miring, Tak Disangka Ternyata Bisa Bikin Tubuh Alami Perubahan Menakjubkan Ini

By Syifa Amalia, Rabu, 9 Maret 2022 | 20:00 WIB
Manfaat tidur miring bagi kesehatan (Pixabay.com)

Nakita.id – Saat tidur, biasanya Moms mencari posisi yang nyaman untuk tubuh.

Mulai dari tidur terlentang, miring, bahkan tengkurap sekalipun yang sebaiknya untuk dihindari.

Meskipun tidur telentang telah lama dianggap sebagai posisi tidur yang ideal, penelitian menunjukkan bahwa tidur menyamping dapat memiliki banyak manfaat.

Namun, penting juga untuk memperhatikan posisi tidur miring karena memiliki kelemahan dapat meningkatkan risiko nyeri bahu.

Terutama, saat menyelipkan dagu ke arah dada akan membuat leher sakit.

Untuk itu, penting untuk menjaga kepala tetap sejajar dengan tubuh dan kasur dan bantal yang kokoh dapat membantu mengurangi risiko ini.

Kendati demikian, bila tidur miring dilakukan dengan benar dan selaras, Moms akan memperoleh berbagai manfaat yang berguna untuk kesehatan.

Melansir dari Heatline, tidur miring dapat memberikan banyak manfaat, terutama jika mengalami sakit punggung atau sleep apnea yang berulang. Namun, apabila tubuh mungkin lebih suka variasi sepanjang malam untuk mencegah rasa sakit di area lain dari tubuh maka bisa berarti mulai dari satu sisi dan kemudian bergeser ke sisi lain.

Tidur miring ke kiri dianggap memiliki manfaat paling besar bagi kesehatan secara keseluruhan. Namun, kedua sisi dapat menawarkan manfaat dalam hal apnea tidur dan pereda nyeri punggung bawah kronis.

Baca Juga: Para Peneliti Ungkap Tidur Miring Bisa Memicu Munculnya Kerutan di Wajah, Ini Penyebabnya

Adapun manfaat yang akan tubuh terima jika tidur dengan posisi miring yang benar adalah sebagai berikut ini seperti yang dilansir dari Sleep Foundation.

Pereda Sakit Punggung