Selamatkan Diri dari Cuaca Ekstrem! BMKG Beri Peringatan pada Jumat 25 Maret 2022 Sederet Wilayah Indonesia Bakal Diguyur Hujan Lebat hingga Angin Kencang, Berikut Daftar Wilayahnya

By Aullia Rachma Puteri, Kamis, 24 Maret 2022 | 19:57 WIB
BMKG beri peringatan cuaca pada Jumat 25 Maret 2022 (rawpixel.com/Teddy Rawpixel)

Nakita.id - Sebelum pergi meninggalkan rumah, sebaiknya Moms menyimak laporan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Seperti baru-baru ini, BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Jumat 25 Maret 2022

BMKG memprediksi 25 wilayah berpotensi mengalami cuaca ekstrem.

Cuaca ekstrem tersebut terdiri dari hujan lebat yang bisa disertai kilat dan angin kencang.

Dari pantauan BMKG, Sirkulasi Siklonik terpantau di perairan sebelah utara Papua Barat dan di Laut Arafuru yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan angin (konvergensi) yang memanjang di Maluku, di NTT bag timur, di Papua Barat, di Papua dan di perairan sebelah utara Maluku Utara.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Selat Malaka hingga perairan sebelah barat Aceh, dari Aceh hingga Sumatera Utara, dari Sumatera Barat hingga Lampung, dari Jawa Barat hingga Jawa Timur, dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Selatan, di Kalimantan Utara, dari Laut Sulawesi hingga Gorontalo, dan dari Sulawesi Barat hingga Sulawesi Tenggara.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Lalu, wilayah mana saja yang akan mengalami cuaca ekstrem pada Jumat 25 Maret 2022?

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

Baca Juga: Selamatkan Nyawa Kalian! BMKG Beri Peringatan pada Kamis 24 Maret 2022 Bakal Hadapi Cuaca Ekstrem, Wilayah Mana Saja Ya?

- Aceh

- Jambi