Tolong Berlindung! BMKG Mendadak Beri Peringatan pada Senin 28 Maret 2022 Akan Terjadi Cuaca Ekstrem, Hampir Semua Wilayah di Indonesia Diguyur Hujan Lebat Hingga Angin Kencang, Kecuali Bali dan DKI Jakarta

By Aullia Rachma Puteri, Senin, 28 Maret 2022 | 07:10 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Senin 28 Maret 2022 (Freepik/ rawpixel.com)

Nakita.id - Sebelum pergi meninggalkan rumah, sebaiknya Moms menyimak laporan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Seperti baru ini BMKG beri peringatan cuaca ekstrem di Indonesia pada Senin 28 Maret 2022.

Seperti diketahui, sejak Januari 2022 lalu Indonesia sering dilanda cuaca ekstrem seperti hujan lebat hingga angin kencang.

Bahkan, gara-gara hal tersebut, banyak wilayah yang mengalami kerugian besar.

Maka dari itu, BMKG tak mau hal tersebut terjadi.

Sesuai informasi Deputi Bidang Meteorologi, ada Sirkulasi Siklonik terpantau di Samudra Hindia barat daya Banten, di Laut Arafuru, dan di Laut Sulu-Laut Natuna.

Sirkulasi Siklonik tersebut membentuk daerah pertemuan/perlambatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Laut Sulu hingga Kalimantan Utara, di Kalimantan Barat bag utara, di NTT dan dari Laut Seram hingga Papua.

Daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang di Aceh, di Kep.Riau, dari Bengkulu hingga Lampung, dari Jawa Barat bagian selatan hingga Jawa Timur, di Kalimantan Barat, di Kalimantan Selatan, dari Selat Makassar hingga Sulawesi Tengah dan di Papua Barat serta daerah pertemuan angin (konfluensi) terpantau di Maluku dan di Laut Banda.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Baca Juga: Tolong Berlindung! BMKG Mendadak Beri Peringatan pada Minggu 27 Maret 2022 Akan Terjadi Cuaca Ekstrem, Hampir Semua Wilayah di Indonesia Diguyur Hujan Lebat Hingga Angin Kencang, Kecuali Papua Barat dan DKI Jakarta

Karena kondisinya seperti di atas BMKG memprediksi ada 19 wilayah yang mengalami cuaca esktrem.

Cuaca ekstrem tersebut adalah hujan lebat dan angin kencang.