Alhamdulillah Masyarakat Se-Indonesia Tetap Bahagia Meski PPN Naik Jadi 11 Persen Per 1 April 2022! Berikut Daftar Barang dan Jasa yang Tidak Kena Pajak, Salah Satunya Beras dan Telur serta Buku Pelajaran Anak-anak

By Aullia Rachma Puteri, Sabtu, 2 April 2022 | 10:47 WIB
PPN 11 persen, tapi barang dan jasa ini tidak kena PPN (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Nakita.id - Kabar gembira bagi masyarakat Se-Indonesia meski diketahui PPN 11 persen.

PPN atau Pajak Pertambahan Nilai naik dari 10 persen menjadi 11 persen. Ini berlaku sejak 1 April 2022.

Ketentuan ini mengacu Undang-Undang Nomor 7 tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP). Di dalam Pasal 7 UU HPP disebutkan besaran PPN per 1 April 2022 adalah sebesar 11 persen.

"Tarif Pajak Pertambahan Nilai yaitu: a. sebesar 11 persen yang mulai berlaku pada tanggal 1 April 2022...,"

Dalam ketentuan sebelumnya, yakni UU No 42 Tahun 2009 tentang Perubahan Ketiga atas Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1983 tentang Pajak Pertambahan Nilai Barang dan Jasa dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah, besarnya PPN adalah 10 persen.

Namun, tidak semua barang dan jasa menjadi Barang Kena Pajak (BKP) dan Jasa Kena Pajak (JKP). Dekutip dari laman Fiskal Kemenkeu, BKP adalah barang berwujud yang menurut sifat atau hukumnya dapat berupa barang bergerak atau barang tidak bergerak, dan barang tidak berwujud, yang dikenakan pajak berdasarkan UU PPN.

Sementara JKP adalah setiap kegiatan pelayanan berdasarkan surat perikatan atau perbuatan hukum yang menyebabkan suatu barang, fasilitas, kemudahan, atau hak tersedia untuk dipakai, termasuk jasa yang dilakukan untuk menghasilkan barang pesanan atau permintaan dengan bahan dan/atau petunjuk dari pemesan, yang dikenakan pajak berdasarkan UU PPN.

Daftar barang dan jasa yang tidak dikenai PPN Berikut ini adalah daftar barang dan jasa yang tidak dikenai PPN berdasarkan UU HPP:

1. Kebutuhan pokok yang dibutuhkan rakyat banyak

Baca Juga: Kasus Pernikahan Dini Semakin Meningkat Saat Pandemi Covid-19, Ini Efek Anak-anak yang Menikah Terlalu Cepat

2. Jasa pelayanan kesehatan medis

A. Jasa kesehatan tertentu