Tips Supaya Tidak Makan Berlebihan saat Buka Puasa! Jangan Sampai Perut Begah dan Kena Penyakit Ini

By Kintan Nabila, Minggu, 3 April 2022 | 18:36 WIB
Makan berlebihan saat buka puasa bisa bikin perut begah dan gangguan pencernaan (pexels.com)

Nakita.id - Apakah puasa pertama Moms dan keluarga berjalan lancar hari ini? Setelah seharian menahan lapar, pasti kita tidak sabar untuk menikmati semua hidangan yang ada di meja saat berbuka puasa. Namun ingat, makan berlebihan bisa memicu beberapa kondisi seperti gangguan pencernaan, sakit perut, mulas kembung, dan mual. Melansir dari GridHealth, berikut tips berbuka puasa supaya perut tidak begah dan kekenyangan. 1. Penuhi kebutuhan cairan Seringkali, tubuh kita bingung mengenali rasa lapar dan haus, terutama di bulan puasa ini. Akibatnya kita jadi makan terlalu banyak padahal sebetulnya tubuh butuh perlu air karena dehidrasi. Pastikan untuk minum sebelum makan, dengan begitu kita akan tahu apakah kita lapar atau haus. Jangan makan diselingi dengan minum karena bisa memicu gangguan pencernaan.

Baca Juga: Sempatkan Makan Satu Sendok Madu Setiap Berbuka, Dicoba Dulu Biar Puasa Lancar Tanpa Ngeluh Sakit-sakitan

  2. Mulai dengan yang kecil Mulailah berbuka puasa dengan makanan yang kecil seperti kurma atau almond. Kemudian istirahatlah sejenak sebelum makan besar. Pertimbangkan juga mau makan apa supaya kita tidak mencoba semua makanan dan akhirnya kekenyangan. Pilihlah makanan yang benar-benar disukai dan seberapa sehat makanan tersebut. 3. Jangan makan terburu-buru Nikmati setiap gigitan, kunyah perlahan, jangan buru-buru menelan dan beralih ke gigitan berikutnya. Hal ini juga memungkinkan tubuh untuk mengirimkan sinyal tanda lapar dan kenyang. Makan terburu-buru dapat membuat perut cepat lapar

Baca Juga: Moms Tiba-tiba Pingsan Saat Berpuasa? Cari Tahu Bagaimana Hukum Puasa Bagi Orang Dewasa yang Pingsan

4. Lakukan olahraga ringan Setelah berbuka puasa, rencanakan untuk berolahraga ringan. Misalnya seperti jalan kaki 30 menit, itupun sudah cukup. Olahraga akan membantu tubuh tetap berenergi setelah berbuka puasa. Sebab biasanya kita cenderung mengantuk dan lemas setelah makan banyak 5. Tidur cukup Moms, ternyata ada hubungan antara tidur dan nafsu makan loh! Saat kita kurang tidur, tubuh kita akan melepaskan hormon lapar. Sehingga kita cenderung makan berlebihan saat berbuka puasa.

Baca Juga: ASI Tetap Melimpah dan Berkualitas Meski Sedang Puasa, Asal Para Ibu Menyusui Lakukan Cara Ini, Ampuh Banget

Artikel ini telah tayang di GridHealth dengan judul "Trik Menghindari Makan Kekenyangan Saat Berbuka di Bulan Puasa Agar Perut Tidak Begah"