Bergerak dari Kepedulian Terhadap Lingkungan Bumi, Gramedia Hadirkan Gramedia Ecoliteracy #GramediaGreenAction dan #CollaboraTree

By Shannon Leonette, Jumat, 22 April 2022 | 18:23 WIB
Memperingati Hari Bumi, Gramedia hadirkan kampanye Gramedia Ecoliteracy #GramediaGreenAction dan #CollaboraTree. (pixabay.com/Myriams-Fotos)

Nakita.id - Bertepatan dengan Hari Bumi yang dilaksanakan setiap 22 April, Gramedia menghadirkan Gramedia Ecoliteracy #GramediaGreenAction dan #CollaboraTree.

Keduanya ini merupakan langkah kecil Gramedia untuk menjawab berbagai permasalahan lingkungan yang masih sering terjadi di Indonesia.

Khususnya, mengenai permasalahan deforestasi dan jumlah sampah domestik yang masih tidak terkendali.

Lebih lanjut, #GramediaGreenAction merupakan sebuah gerakan yang dibentuk Gramedia.

Harapannya, bersama dengan masyarakat, Gramedia bisa mengumpulkan dan mendaur ulang sampah plastik, kertas, dan ATK dari seluruh gerai Gramedia di Indonesia.

Sampah-sampah ini dapat ditaruh di tempat sampah khusus berlogo 'Gramedia Ecoliteracy' yang telah tersedia.

Sampah-sampah yang telah terkumpul nantinya akan didaur ulang oleh partner-partner terpercaya Gramedia, seperti Paxel, MyValue, Bank Sampah Petra, dan waste4change.

Namun, hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa Gramedia akan sangat terbuka dengan kolaborasi-kolaborasi yang lebih luas untuk kedepannya.

Kemudian, hasil dari gerakan ini akan dikonversikan menjadi buku-buku menarik yang akan disumbangkan kepada komunitas baca di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Ini Sederet Kolaborasi Tanpa Batas dan Berbagai Penawaran Menarik dalam Rangka 52 Tahun Gramedia, Jangan Sampai Terlewat

Sebagai informasi, #GramediaGreenAction ini merupakan kampanye tahap pertama dari rangkaian kampanye Gramedia Ecoliteracy, dan dilaksanakan mulai tanggal 22 April 2022.

Pelaksanaan tahap awal #GramediaGreenAction ini akan diselenggarakan di 6 gerai Gramedia.

Diantaranya adalah Gramedia Emerald Bintaro, Gramedia BSD, Gramedia Matraman, Gramedia Depok, Gramedia Harapan Indah Bekasi, dan Gramedia Palmerah.

Pengunjung dapat mengikuti kampanye #GramediaGreenAction ini dengan memperhatikan mekanisme sebagai berikut:

Tampilan tempat sampah #GramediaGreenAction untuk mewujudkan kampanye Gramedia Ecoliteracy.

- Pengunjung dapat menaruh sampah ke dalam DSK (Tempat Sampah Khusus berlogo 'Gramedia Ecoliteracy') maksimal 1 kali dalam sehari.

- Pengunjung wajib mengambil foto sampah yang telah dibuang ke dalam DSK, sebagai tanda bukti telah membuang sampah.

- Pengunjung dapat menunjukan bukti foto tersebut ke kasir atau CSO.

- Setelah menunjukan foto, pengunjung dapat membuka laman #GramediaGreenAction pada aplikasi MyValue.

Baca Juga: Ajak Anak-anak Belajar Sains yang Seru dan Menarik, Gramedia Gelar Kompetisi Eksperimen Bahan Daur Ulang pada Gramedia Science Day 2021

- Pada laman tersebut, pengunjung dapat memindai barcode yang telah diberikan kasir atau CSO untuk mendapatkan 1 stamp.

- Setiap pengujung yang telah memiliki 3 Stamp, 5 Stamp, dan 10 Stamp, akan mendapatkan hadiah berupa voucher diskon Gramedia dari MyValue.

- Perlu diingatkan kembali, bahwa pengunjung hanya diperbolehkan mendapatkan maksimal 1 stamp dalam 1 hari.

- Selain mendapatkan voucher diskon Gramedia, pengunjung juga dapat memberikan donasi kepada komunitas baca, dengan memindai barcode yang tersedia pada DSK.

Selain itu, pengunjung yang mengikuti kampanye #GramediaGreenAction ini juga dapat menikmati berbagai macam penawaran menarik berupa special price pada produk-produk pilihan dari Gramedia.

Diantaranya adalah Tas Go Green mulai dari Rp. 5.000,00, Recycle PET Shopping Bag dengan harga Rp 20.000,00, dan Tote Bag Blacu seharga Rp. 15.000,00.

Penawaran ini berlangsung mulai dari tanggal 22-24 April 2022.

Selain mengadakan kampanye #GramediaGreenAction, perwujudan lain dari Gramedia Ecoliteracy ini adalah #CollaboraTree.

Sebagai informasi, #CollaboraTree merupakan sebuah gerakan penghijauan penanaman pohon.

Baca Juga: Jangan Sampai Terlewat, Gramedia Tebar Diskon hingga 90 Persen dan Lelang Buku Rp 0 di Online Book Fair Gramedia.com #BelajarTanpaBatas

Kampanye #CollaboraTree ini berkolaborasi dengan LindungiHutan, sebuah yayasan yang bergerak di bidang konservasi hutan dan lingkungan melalui metode crowdfunding.

Gerakan ini merupakan bentuk dedikasi Gramedia untuk melestarikan hutan Indonesia, dengan target jumlah penanaman pohon hingga 10.000 pohon.

Rangkaian #CollaboraTree yang akan dilaksanakan diantaranya mulai dari penyerahan bibit dan penanaman pohon cemara di kawasan hutan tertentu.

Rangkaian kegiatan ini merupakan langkah awal konservasi hutan Indonesia bersama LindungiHutan pada 19 Mei 2022 mendatang.

Kampanye ini juga akan menghadirkan artis seperti Nadine Chandrawinata dan Hamish Daud untuk ikut andil dalam #CollaboraTree.

Selain pohon cemara, lokasi lainnya seperti Kalimantan Tengah, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Bali, juga akan dilakukan penanaman secara aktif.

Dari 1.000 pohon nyatoh, 1.000 pohon cemara laut, 500 pohon alpukat, hingga 1.000 pohon mangrove, yang disesuaikan dengan iklim daerah penanaman masing-masing.

"Sebagai nama besar di balik tersebarnya pengetahuan di Indonesia, merupakan kebanggaan bagi LindungiHutan dapat berkolaborasi bersama Gramedia untuk tidak hanya menyebarkan tulisan yang sejuk, tapi juga sekaligus menanam pohon yang memberi keteduhan. Harapannya kerjasama ini dapat mendorong para pembaca untuk turut sadar isu lingkungan dan turut terlibat dalam kegiatan sehari-hari," kata Ben selaku CEO LindungiHutan.

"Langkah kecil pada campaign ini, akan dapat membawa perubahan besar dalam mengatasi deforestasi dan permasalahan sampah yang tidak terkendali, serta ikut dalam menjaga lingkungan," harap Herman Kristanto Masman selaku Direktur Group of Retail & Publishing Kompas Gramedia berharap.

Baca Juga: Gramedia Rayakan Ulang Tahun yang Ke-51, Nikmati Diskon Buku hingga 90% Sepanjang Februari!