Catat Macam-macam Alat Kontrasepsi yang Aman! Cari Tahu Juga Bagaimana Mengenali Alat Kontrasepsi yang Sudah Tidak Berkualitas

By Kintan Nabila, Jumat, 29 April 2022 | 17:30 WIB
Cara mengenali alat kontrasepsi yang sudah tidak berkualitas (Freepik)

Nakita.id - Bagi Moms dan Dads yang ingin menunda kehamilan karena berbagai alasan, penting sekali untuk memahami jenis-jenis kontrasepsi.

Kontrasepsi adalah cara untuk mencegah terjadinya kehamilan dengan menggunakan alat atau obat.

Bidan Zahrotun Nisa yang bertugas di Puskesmas Selopampang, Kabupaten, Temanggung, Jawa Tengah, menyebutkan macam-macam alat kontrasepsi.

"Metode kontrasepsi secara garis besar terbagi menjadi dua, yaitu KB modern dan KB tradisional," katanya dalam wawancara bersama Nakita.id, Kamis (28/4/2022).

"KB Modern diantaranya seperti kondom, pil kb, suntik kb, implant dan kontrasepsi darurat (morning after pill atau post pill, kontrasepsi kombinasi, dan IUD)," lanjutnya.

Sementara itu ada juga KB tradisional yang dilakuakan dengan cara-cara alami seperti kalender, Metode Amenore Laktasi (MAL), atau senggama terputus.

Nah, bagi Moms dan Dads yang ingin menggunakan KB modern, penting untuk mengetahui jenis-jenisnya.

Secara umum, kontrasepsi dibagi menjadi dua jenis, yakni kontrasepsi hormonal (Pil KB, Suntik KB, implan, pil kontrasepsi darurat) dan non-hormonal (Kondom, IUD)

Melansir dari Kompas, yuk cari tahu beberapa jenis alat kontrasepsi dan penjelasannya yang lebih lengkap!

Baca Juga: Pilih KB Tradisional atau KB Modern? Begini Panduan Memilih Alat Kontrasepsi yang Aman dan Harganya Terjangkau dari Bidan

1. Pil KB

Pil KB yang memiliki kandungan progestin dan estrogen dapat membantu wanita menahan ovarium agar tidak memproduksi sel telur.