Libur Sekolah Diperpanjang Sampai 12 Mei! Kapan Waktu yang Tepat untuk Pulang Supaya Tidak Terjebak Macet Arus Balik Mudik?

By Kintan Nabila, Sabtu, 7 Mei 2022 | 15:26 WIB
Waktu yang tepat untuk pulang mudik setelah libur Lebaran (pexels.com/Oleksandr Pidvalnyi)

Nakita.id - Libur sekolah anak-anak diperpanjang sampai 12 Mei 2022 loh, Moms!

Akhirnya setelah merayakan Lebaran, keluarga bisa menghabiskan waktu lebih banyak bersama anak-anak.

Seperti yang diketahui, pemerintah resmi memperpanjang libur sekolah di sejumlah daerah, seperti Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Pada awalnya, para siswa dijadwalkan mulai kembali masuk sekolah pada Senin, 9 Mei 2022.

Namun, akhirnya diperpanjang menjadi 3 hari, yakni sampai Kamis, 12 Mei 2022.

Melansir dari Kompas, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten untuk memberikan fleksibilitas penambahan masa libur sekolah.

Pemerintah menyebutkan, libur sekolah anak-anak diperpanjang untuk mengantisipasi kemacetan arus balik Lebaran 2022.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, keputusan memperpanjang masa libur sekolah merupakan langkah untuk mengantisipasi kemacetan arus balik Lebaran 2022.

Lantas kapan waktu yang tepat untuk pulang supaya tidak terjebak macet ya?

Baca Juga: Tak Hanya Libur Sekolah yang Diperpanjang, Presiden Jokowi Imbau Karyawan Swasta Bahkan Pegawai ASN untuk WFH Setelah Lebaran

Muhadjir mengatakan, penambahan masa libur sekolah merupakan langkah yang tepat untuk mengurai kemacetan pemudik yang menuju ke Jabodetabek.

"Perubahan tanggal masuk sekolah setelah libur Lebaran ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas pada arus balik lebaran 2022," ujarnya.