Masih Suka Pakai Sepatu yang Sempit? Hati-hati Bisa Berpotensi Terkena Bunion, Segera Lakukan Tindakan Pencegahan Ini Biar Tidak Makin Parah

By Syifa Amalia, Rabu, 18 Mei 2022 | 20:57 WIB
Cara mencegah bunion akibat terlalu sering memakai sepatu sempit (Nakita.id/Syifa)

Nakita.id – Bentuk kaki setiap orang memiliki struktur yang berbeda-beda dipengaruhi oleh faktor genetik maupun kondisi lainnya.

Tidak jarang hal ini dapat menimbulkan gangguan yang berkenaan dengan bentuk kaki.

Gangguan yang paling umum terjadi, yakni kelainan yang ditandai dengan bergesernya ibu jari yang condong ke arah kaki sebelahnya.

Seiring berjalannya waktu, pergeseran tulang ini akan membentuk benjolan benjolan yang disebut dengan bunion.

Pada tahap awal, mungkin benjolan ini tidak akan menimbulkan rasa sakit.

Namun, jika dibiarkan, makin lama benjolan ini akan semakin terlihat jelas disertai dengan rasa kurang nyaman, nyeri, pembengkakan atau ruam kemerahan di kaki.

Bunion pada dasarnya dapat terjadi pada siapa saja, entah sudah memiliki riwayat genetik atau kelainan bawaan.

Hanya saja kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita yang kerap menggunakan sepatu ketat dan sempit sehingga bunion dapat berkembang.

Benjolan tulang di samping jempol kaki ini dapat membatasi mobilitas sendi, menimbulkan rasa sakit, hingga memicu kesemutan dan mati rasa.

Baca Juga: Hati-hati, Jika Kaki Terasa Nyeri Hingga Bengkak Bisa Jadi Pertanda Adanya Masalah Kesehatan Pada Paru-paru

Kondisi bunion yang sudah cukup parah perlu mendapatkan intervensi medis, namun bila gejala bunion termasuk ringan, bisa diatasi dengan pengobatan rumahan.

Melansir dari Live Strong, perawatan berikut dapat dilakukan untuk mengatasi bunion atau mencegah supaya bunion tidak berkembang.