Anak Makan Tanah Apakah Berbahaya? Para Ortu Harus Tahu, Begini Kata Dokter Mengenai Kebiasaan Anak yang Suka Melahap Benda-benda Asing di Sekitarnya

By Amallia Putri, Sabtu, 21 Mei 2022 | 16:17 WIB
Yang harus dilakukan oleh Moms dan Dads ketika mengetahui anak makan tanah (Dok. Nakita/ Amallia Putri)

Nakita.id - Anak memiliki kebiasaan makan tanah? Berbahayakah? Yuk, ketahui faktanya agar Moms tak salah kaprah.

Di usia dini, anak mulai mengalami berbagai macam perkembangan, salah satunya di bagian pencernaannya.

Menjadi hal yang wajar jika anak mulai suka memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya, sebagai contoh mainan atau barang-barang lain yang ada di dekatnya.

Tapi, bagaimana jika yang dimasukkan ke dalam mulut adalah benda-benda seperti tanah?

Fenomena seperti ini pernah menjadi keprihatinan banyak orangtua September 2021 lalu dengan viralnya anak yang memiliki kebiasaan makan tanah di Tegal, Jawa Tengah.

Apakah seperti ini harus dikhawatirkan oleh Moms dan Dads di rumah? 

Tim Nakita.id bertanya langsung pada dr. Elysa Septyasri yang berprofesi sebagai dokter umum di Puskesmas Kotagede 2, Yogyakarta.

Menurut dr. Elysa fenomena anak makan tanah kemungkinan dilatarbelakangi karena 2 hal, yaitu fase oral pada anak atau gangguan makan pada anak.

Bukan menjadi suatu masalah besar apabila memang anak sedang memasuki fase oral dan suka memasukkan sesuatu ke mulutnya.

Baca Juga: Pernahkah Mama Pengin Banget Makan Tanah Saat Hamil?

Anak makan tanah adalah bukti bahwa ia sedang mengembangkan rasa ingin tahunya melalui mulut, termasuk saat anak sesekali menyentuh dan akhirnya memakan tanah.

"Hal ini memang wajar terjadi pada tumbuh kembang anak karena mereka sedang melalui fase oral," jelas dr. Elysa saat diwawancarai langsung di Puskesmas Kotagede 2, Yogyakarta, 21 Mei 2022.