Masih Sering Dipakai Untuk Makan Mi Instan, Berikut Bahaya Makan Sawi yang Sudah Layu

By Shinta Dwi Ayu, Selasa, 31 Mei 2022 | 22:00 WIB
Bahaya makan sawi yang sudah layu. (Nakita.id/ Shinta Dwi Ayu)

Nakita.id - Selama ini dianggap aman saja, ternyata ini bahaya makan sawi yang sudah layu. Sawi merupakan sayuran hijau yang cukup banyak disukai orang. Sayuran yang satu ini sebenarnya memiliki tekstur yang renyah dan rasa sedikit manis. Kandungan vitamin yang ada di sawi juga tidak bisa diragukan lagi. Selain itu, vitamin yang terkadung pada sayuran hijau seperti sawi juga bisa melindungi tubuh Moms dari berbagai penyakit. Misalnya seperti tekanan darah tinggi dan juga penyakit jantung Moms. Khususnya sawi hijau merupakan salah satu jenis sayur yang mudah sekali diolah. Misalnya, dibuat capcay, ataupun pelengkap makanan lain. Seperti bakso, dan yang paling sering adalah campuran mi instan.

Baca Juga: Cara Bikin ASI Tersumbat Jadi Lebih Deras, Busui Disarankan Rutin Makan Sayuran Hijau Jenis Ini

  Makan mi instan pakai sawi memang menambah kenikmatan tersendiri. Tak heran, bila banyak sekali orang yang menyetok sawi di rumahnya. Akan tetapi, yang kerap jadi permasalahan adalah sawi merupakan jenis sayuran yang mudah sekali layu. Meski sudah ditaruh kulkas pun tak akan menjamin sawi akan tetap segar sampai berhari-hari. Kebanyakan orang ketika sawi sudah layu akan tetap dimasak karena dianggap sayang jika harus dibuang begitu saja. Orang juga menilai bahwa konsumsi sawi yang sudah layu tetap sehat. Padahal mengonsumsi sayuran hijau yang sudah layu seperti sawi bisa datangkan potensi bahaya untuk kesehatan. Melansir dari Kompas, sayur sawi bisa layu karena penyimpanannya kurang tepat. Apabila sawi disimpan dengan cara kurang tepat ketika dikonsumsi justru berpotensi jadi sumber penyakit. Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Sayur Sawi Juga Bisa Dijadikan Jus Antikanker yang Menyegarkan, Ini Penjelasan Ilmiahnya

  Karena jika tidak disimpan dengan baik sawi akan dengan mudah terkontaminasi bakteri jahat. Seperti bakteri salmonella dan listeria yang efeknya memang sangat buruk untuk tubuh. Maka dari itu, simpan sawi dengan cara yangbaik Moms. Salah satu cara menyimpan sawi yang baik adalah dengan menaruhnya di kulkas. Dengan begitu, bakteri yang menempel di sayur sawi tidak akan membuatnya menjadi layu. Sehingga Moms bisa tetap makan sawi dalam keadaan segar meski sudah disimpan selama berhari-hari. Jika konsumsi sawi dalam keadaan segar dijamin nutrisi yang terkandung di dalamnya pun masih terjaga. Sehingga ketika dikonsumsi bisa menyehatkan tubuh Moms dan anggota keluarga. Nah, itu dia bahaya konsumsi sawi yang sudah layu. Semoga bisa lebih berhati-hati ya Moms.

Baca Juga: Oseng Sawi Bakso, Resep Tepat Yang Disajikan Untuk Si Kecil Yang Tidak Suka Sayur